Buat Siapapun Jatuh Cinta Dalam Hitungan Detik

11:29 PM by
sahoobi.com

Jatuh Cinta Itu Mudah dan Alamiah!

Master Lex dePraxis akan membeberkan semua fakta, konsep, dan ratusan tips praktis yang akan membuat Anda menjadi pribadi yang dicintai setiap orang hanya dalam waktu 7 detik pada pandangan pertamanya.

Apakah Anda percaya pada cinta pada pandangan pertama? Apapun jawaban Anda, fakta saintifik menyatakan bahwa ketertarikan adalah salah satu insting manusia yang tercipta dalam waktu KURANG DARI 7 DETIK!

Bayangkan Anda sedang berjalan di mall dan mata Anda melihat lawan jenis yang sangat menarik, apakah Anda butuh waktu lama untuk berpikir dan tertarik padanya? Jelas tidak! Bahkan sebelum sempat berpikir apapun, mata Anda sudah menatap lekat pada sosok tersebut dan tanpa disadari Anda merasa ingin mengenalnya.

Atau misalnya, ketika di kampus atau di kantor Anda dikenalkan pada seseorang yang langsung bisa membuat jantung Anda berdegup kencang dan menawan seluruh konsentrasi Anda dari sejak awal berjabat tangan dan berkata, Hai..

Mengapa bisa begitu? Apa yang sebenarnya terjadi pada momen itu? Mengapa Anda bisa begitu tertarik pada seseorang yang baru saja Anda kenal? Selama ini Anda hanya bisa merasakannya saja ketika momen seperti itu tiba, tanpa pernah mengetahui bahwa Anda pun bisa membuat orang jatuh cinta pada pandangan pertama!

Apakah cinta pada pandangan pertama bisa diciptakan? Jawabannya adalah: YA! Dan proses ini bisa dipelajari dan dilakukan oleh setiap orang, termasuk Anda! Lebih penting lagi, dengan mengetahui rahasia tersebut, Anda dapat menciptakan cinta dengan siapa pun!

Sayangnya, Tidak Banyak Orang Mengerti Cara Menciptakan Cinta Pada Pandangan Pertama

Bila Anda berpikir bahwa hal tersebut terjadi karena faktor fisik seperti wajah yang ganteng atau cantik, maka Anda hanya sepersepuluh benar! Karena jauh lebih penting dari wajah yang ganteng dan cantik, yang bisa membuat seseorang jatuh cinta pada Anda adalah keseluruhan diri dan pembawaan Anda!

Untuk itu Master Lex menulis ebook Dapatkan Cintanya Dibawah 7 Detik, untuk memaksimalkan diri Anda menjadi sosok yang akan dicintai setiap orang dalam hitungan detik saja! Saya akan membagikan pada Anda semua rahasia yang sudah saya pelajari dan praktekkan selama bertahun-tahun serta melihat hasil yang ajaib. Rahasia-rahasia ini lah yang membuat para gebetan saya tidak bisa berhenti memikirkan saya sejak awal mereka bertemu dengan saya.

Dapatkan Cintanya Dibawah 7 Detik ditulis berdasarkan fakta saintifik dan pengalaman nyata, sama sekali bukan konsep rekayasa yang dibuat-buat. Ini adalah sebuah terobosan saintifik terbaru dalam dunia romansa, bukan sekedar bualan atau judul-judul iklan bombastis yang bertaburan “Syarat Dan Ketentuan Berlaku” atau jebakan-jebakan terselubung di dalamnya.

Di dalam ebook ini, saya akan membongkar semua yang bisa Anda lakukan untuk memastikan Anda bisa Dapatkan Cintanya Dibawah 7 Detik. Bukan sekedar pada saat pertemuan saja, Anda akan menemukan rahasia persiapan-persiapan yang bisa Anda lakukan untuk memastikan Anda selalu bisa menawan hati lawan jenis dalam waktu sangat singkat! Kapan saja, di mana saja!

Hasil Penelitian Saintifik Oleh Para Ahli Dan Telah Dibuktikan Oleh Ribuan Orang!

Bukan hanya sekedar satu atau dua tips saja, ada ratusan pola pikir, paradigma dan tips yang bisa Anda kerjakan dan praktekkan yang akan memastikan Anda siap mendapatkan cintanya dibawah 7 detik!

Sekali lagi, dibawah 7 Detik!

Ebook versi pendeknya telah saya bagikan secara gratis dan hingga saat ini sudah di download lebih dari 50.000 orang. Saya telah mendengar begitu banyak kisah sukses orang-orang berhasil membuat gebetannya jatuh cinta setelah membaca buku ini.

Ebook Dapatkan Cintanya Dibawah 7 Detik versi premium berisi total 130 halaman dengan ratusan tips dan penjelasan yang DIJAMIN akan melipat gandakan kesuksesan dalam kehidupan percintaan Anda! Lebih dari sekedar cara memikat pria/wanita idaman, ebook ini akan membuat Anda menjadi orang yang lebih menarik, lebih menyenangkan, dikagumi, dan dicintai oleh setiap orang yang bertemu dengan Anda, secara INSTAN!

Ini hanya POTONGAN PENDEK TESTIMONI SUKSES dari ribuan pembaca:
“Kalau PDKT saya suka bingung banget apa yang mesti dilakukan. Apalagi awalannya gimana. Ebook ini memberi banyak ide-ide bagus yang berhasil saya praktekkan setiap saat.” Yadi, 29 tahun


“Pantesan saya bloon kalau lagi sama gebetan, karena saya lupa untuk memaksimalkan poin visualisasi saat ketemuan. Begitu dipraktekkan, hasilnya langsung fantastis… terima kasih, Lex!” – Peter, 24 tahun
“Coba ada yang ngajarin beginian waktu saya SMA dulu, pasti gampang deh dapet pacar!” Siska, 22 tahun

“Baru praktekin sebagian aja, saya ditembak sama gebetan. Apalagi kalau semua tipsnya dipraktekin!”
Irfan, 24 tahun

“Saya sih blum baca penuh, tapi pacar saya yang sekarang ngaku berhasil gebet saya setelah baca ebook ini. Jadi apapun yang ditulis, manjur dan smooth banget! Terima kasih untuk penulisnya!
” – Ellen, 30 tahun

“Sebenarnya saya sudah gampang deketin gebetan, pacaran aja udah lebih dari 10 kali. Tapi ebook ini masih tetep bisa ngejutin saya. Ternyata masih banyak toh hal dasar praktis yang belum pernah saya lakukan sebelumnya.” Fadjar, 26 tahun

“Ini yang nulis cerdas banget. Banyak pengetahuan baru yang mencerahkan pandangan saya. Saya pikir semakin dewasa usia pembacanya, semakin banyak pengertian dan kesuksesan yang didapatkan.”Wirawan, 31 tahun

“Tips dan insight yang dikasih bener-bener beda. Saya selama ini banyak baca tips di majalah, tapi ga pernah nemuin tips yang kalo dipraktekkin hasilnya semanis ini. Thank you, Lex!”Lala, 26 tahun
“Terima kasih untuk penulis yang bersedia blak-blakan berbagi pengetahuan ini. Saya kini sudah dapat pacar dan siap menikah tahun depan.” Nukman, 27 tahun


Anda Bisa Membuat Siapapun Jatuh Cinta Pada Anda Dalam Hitungan Detik Saja!


Ebook ini akan membuka mata hati dan pikiran Anda mengenai apa yang SEBENARNYA terjadi dalam proses terciptanya daya tarik antara pria dan wanita yang belum pernah Anda dengar di manapun. Ebook ini akan membawa Anda ke dalam sebuah pengertian yang baru mengenai kualitas-kualitas utama dalam diri seseorang yang menarik lawan jenis manapun!


Berikut adalah RAHASIA yang Anda pelajari dalam ebook Dapatkan Cintanya Dibawah 7 Detik: 

  • Tiga Kunci Utama Cinta Pada Pandangan Pertama. Tiga kualitas yang wajib Anda miliki dan tingkatkan untuk membuat siapapun jatuh cinta pada Anda secara instan. 
  • PDKT Tidak Perlu Lama. Mengapa kamu berbulan-bulan PDKT? Karena tidak memanfaatkan rahasia cinta pandangan pertama. 
  • Manusia Ingin Pemikat Mata. Prinsip pertama yang menciptakan kesukaan secara instan! 
  • Tes Persepsi Kenyamanan Tubuh. Rahasia pandangan Anda terhadap diri sendiri, dan bagaimana meningkatkannya secara bertahap agar bisa nyaman dan impresif di mata orang lain. 
  • Mosaik Pribadi. Rahasia untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan pada diri sendiri. Sebuah modal penting dalam membuat orang lain jatuh cinta pada Anda. 
  • Apresiasi Menciptakan Impresi. Faktor terpenting yang jika Anda lupa lakukan, percumalah kepribadian dan kebaikan hati Anda. 
  • Faktor Kemenarikan Fisik. Rahasia maskulinitas dan femininitas. Penampilan bukan segalanya, tapi segalanya berawal dari penampilan. 
  • Seksi Di Luar, Seksi Di Dalam. Rahasia tampil seksi bukan dengan pakaian terbuka, tapi dengan kepribadian Anda yang akan membuat setiap lawan jenis menatap dengan penuh kekaguman. 
  • Ketika Hidung Berbicara. Prinsip ilmiah yang memicu ketertarikan, jauh sebelum Anda berbicara. 
  • Penghakiman Atas Penampilan. Rahasia program otomatis yang terjadi sekalipun Anda tidak menyadarinya. 
  • Seni Mewarnai Diri. Kode-kode warna yang meningkatkan kepribadian Anda di mata gebetan. 
  • Manusia Ingin Hubungan. Rahasia membangkitkan kebutuhan untuk hubungan sebelum hubungan itu tercipta. 
  • Cinta Adalah Hasil Interaksi. Selama ini kamu jatuh cinta dulu atau interaksi dulu? Nah ini dia rahasia besarnya! 
  • Pribadi Unik Pasti Tampil Unik. Rahasia yang sesungguhnya untuk menjadi diri apa adanya yang unik dan menarik. 
  • Sinyal Bahasa Tubuh. Rahasia sinyal bahasa tubuh yang baik yang membuat Anda langsung terlihat lebih menarik dibandingkan orang lain. 
  • Impresi Pertama Adalah Impresi Terakhir. Fakta rahasia bahwa Anda sulit mengubah persepsi orang tentang diri Anda pertama kali. 
  • Menatap Dengan Intim. Rahasia menciptakan suasana yang pekat dan intim secara instan hanya dengan tatapan mata Anda. 
  • Melihat Dengan Penuh Arti. Rahasia berbicara seribu bahasa dengan mata Anda tanpa Anda perlu berkata sepatah kata pun. 
  • Rahasia Kesan Pertama. Landasan utama yang krusial dalam menciptakan impresi pertama terhadap orang lain. 
  • Cinta Itu Seperti Cermin. Rahasia mengakrabkan diri dalam hitungan detik yang bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, dengan siapa saja. 
  • Gombal Revolusioner. Rahasia menyampaikan rasa suka yang tidak membuat Anda terdengar bermulut manis, janji palsu, muluk-muluk atau kampungan. 
  • Dan PULUHAN rahasia lainnya!


BAGIAN I:
Kok Bisa Dibawah
7 Detik?

1. Impresi Pertama Adalah Impresi Terakhir


“Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda..” itu slogan dari salah satu iklan parfum klasik yang pasti masih Anda ingat.

Kalimat cerdas yang diciptakan oleh tim kreatif advertising itu merupakan hasil penelitian ilmiah yang sudah dilakukan puluhan tahun di seluruh dunia. Yaitu bahwa impresi pertama itu sangat menentukan hasil akhir.

Faktanya adalah manusia selalu menciptakan penilaian akan orang lain berdasarkan ‘sampul’ dan ‘penampilan’ awalnya. Banyak buku self-help dan psikologi populer mengajarkan impresi pertama itu terjadi dalam waktu 60 detik pertama. Tapi sayangnya itu semua salah dan jauh dari realita.

Jurnal Psychological Science mempublikasikan penelitian terbaru dari Janine Willis dan Alexander Todorov -dua orang psikolog di Universitas Princeton- yang menemukan bahwa manusia menilai orang lain lewat wajahnya dalam waktu sepersepuluh detik pertama! Enam detik setelahnya dipakai untuk mencari bukti-bukti lain yang mendukung penilaian di impresi pertama itu.

Itu artinya jauh, jauh, jauh, jauh, jauh, jauh, jauh, jauh sebelum Anda beraksi menggodanya, sang gebetan sudah menentukan apakah dia berminat atau tidak pada Anda. Itu adalah kabar buruk yang sayangnya dahulu belum saya sadari ketika mencoba mendekati senior jurusan saya, Priscilla.

Kalau di awal Anda gagal memberikan impresi yang menarik minatnya, tidak usah capek-capek bermimpi mencintai dan dicintai. Bahasa sehari-harinya, Anda dijamin banyak gagal dan kesulitan bercinta jika Anda tidak bisa membuatnya suka atau doyan sebelum detik pertama.

Tapi juga ada kabar gembira: membuat orang suka/doyan itu sangat mudah!

Mengapa mudah?

Karena kita melakukannya langsung ke alam bawah sadar, atau istilah kerennya subconscious mind. Segala sesuatu yang saya ajarkan di sini adalah seni berkomunikasi ke alam bawah sadar gebetan Anda.

Karena jika hanya punya waktu tujuh detik, maka jelas Anda tidak bisa memicu ketertarikan secara logis. Tidak ada bujuk rayu gombal yang bisa efektif dalam waktu tujuh detik. Tidak ada kalimat yang bisa menyakinkannya untuk jatuh cinta pada Anda dalam waktu tujuh detik saja.

Semua harus dilakukan mengandalkan ‘bahasa-bahasa’ yang dimengerti oleh alam bawah sadar.

2. Cinta Merupakan Hasil Interaksi


Menurut para ahli kejiwaan, cinta muncul sebagai hasil interaksi manusia. Demikian tulis sebuah buku psikologi umum milik Christine, salah seorang kekasih saya pada jaman kuliah dahulu. Kurang lebih digambarkan kalau baru di awal perkenalan dan sifatnya perasaan sepihak saja, itu kurang cocok kalau disebut cinta.

Itu sebabnya di sepanjang seminar Hitman System, saya biasa mengganti ‘cinta‘ dengan istilah ‘suka’ atau ‘doyan’ yang berarti Anda tertarik karena ada hal-hal yang memancing perhatian Anda.

Anda bisa saja terpancing karena faktor penampilannya. Anda bisa menyukai minat pada orang yang berbagi minat yang sama dengan Anda. Anda bisa juga menyukai tutur kata dan kelugasannya ketika ngobrol. Anda juga mungkin menikmati pesona pribadinya yang cerdas, hangat atau ceria.

Ada banyak sekali faktor-faktor lain yang bisa membuat Anda tertarik pada seseorang. Tapi Anda wajib ingat kalau itu semua hanya suka atau doyan, bukan cinta.

Ingat seumur hidup: cinta bertumbuh pelan-pelan dalam hubungan yang berawal dari doyan.

Jadi istilah Jatuh Cinta itu lebih tepat kalau disebut Jatuh Doyan dan Cinta Pada Pandangan Pertama sebenarnya adalah Doyan Pada Pandangan Pertama. Nanti kalau sudah rajin berinteraksi atau pendekatan-pendekatan rutin (PDKT!) dan jadian, rasa doyan itu bisa bertumbuh jadi cinta.

Lalu bagaimana kalau saya bilang bahwa Anda bisa membuat gebetan Anda merasa Jatuh Doyan dan Doyan Pada Pandangan Pertama dalam durasi di bawah tujuh detik? Ayo baca dan perhatikan sebaik mungkin.

Semua tipsnya bisa dipraktekkan untuk pria dan wanita. Oh ya, jangan lompat-lompat bacanya ya.

3. PDKT Tidak Perlu Lama

Selama ini Anda biasanya PDKT berapa lama? Dalam pelatihan Hitman System, kami mengajarkan cara efektif mengubah gebetan jadi pacar (alias PDKT) yang sukses dalam waktu tiga kali pertemuan saja. Ini sangat singkat sekali kalau dibanding dengan pola PDKT pada umumnya yang biasa terjadi berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan!


Nah, satu hal yang membuat PDKT keterlaluan lambat/lama seperti itu adalah karena Anda tidak bisa menciptakan impresi pertama yang memukau.


Anda terbiasa berpikir bagaimana cara membuatnya pelan-pelan suka/doyan pada Anda. Biasanya mulai dari jadi teman curhat, lalu teman yang serba baik membantunya ini-itu, dsb. Anda pikir suka tumbuh perlahan dari hal-hal seperti itu.


Sebenarnya itu tidak sepenuhnya salah. Seseorang bisa suka dan doyan pada Anda secara perlahan seiring banyaknya waktu yang kalian berdua habiskan. Tapi seseorang juga bisa suka dan doyan pada Anda pada detik-detik pertama interaksi dengan Anda.


Jadi kalau Anda sebenarnya bisa membuatnya suka dalam pertemuan pertama, pertanyaannya adalah mengapa Anda perlu memakai cara yang lama dan berbelat-belit?


Kalau PDKT pakai cara yang lama, bukan saja capek dan lambat, akhir-akhirnya juga cenderung gagal. Itu karena Anda tidak tampil maksimal pada pertemuan pertama. Akibatnya mau diperpanjang dan diusahakan sekeras apapun, rasanya sulit sekali untuk memperbaiki impresi pertama itu.


Bisa saja sih, tapi sangat sulit. Nanti saya akan jelaskan itu lebih lanjut dalam bab keempat.

4. Modal PDKT,Bukan Trik PDKT!

PDKT adalah bahasa singkatan gaul dari PenDeKaTan. Siapa pun yang pertama kali memulai singkatan itu pasti tidak menyadari betapa tepat dan cermat kreatifitasnya itu.

Dalam setiap pelatihan Hitman System, saya selalu menyebutnya demikian, “Kalau mau PDKT, maka wajib menunjukkan PeDe dulu, baru KaTe-KaTe nya!”

Jadi materi yang sedang Anda baca ini tidak memberikan trik langkah apa yang perlu diucapkan untuk membuatnya jadi kekasih Anda. Tapi saya akan mengajarkan hal-hal apa saja yang perlu Anda miliki agar bisa menarik perhatiannya di bawah tujuh detik pertama.

Anda akan mengungkap berbagai jenis kekayaan diri sendiri yang bisa digali dan dimaksimalkan agar bisa menarik gebetan dengan cara, gaya, dan langkah-langkah Anda sendiri.

Coba bayangkan bagaimana perasaan Anda jika kekasih suatu saat bercerita bahwa dia memakai trik-trik tertentu ketika mendekati Anda? Pasti merasa dimanipulasi, ‘kan?

Nah itu sebabnya apa yang saya tuliskan dalam e-book ini bukanlah tips ataupun langkah-langkah manipulatif yang memancing orang jadi suka pada Anda.

Semua orang pasti setuju bahwa PDKT itu perlu modal dan modal itu adalah diri Anda sendiri. Anda tetap menjadi diri Anda sendiri, hanya saja dalam versi yang terbaik dan terindah. Anda tidak memakai topeng atau gaya aneh-aneh yang bukan diri sendiri.

Anda tidak perlu berubah jadi orang lain. Saya melarangnya. Karena diri Anda sudah sangat berharga dan super unik!

5. Tiga Area Impresi

Sejujurnya, orang tidak mungkin langsung mengenal diri Anda hanya dalam waktu tujuh detik. Pasangan yang sudah menikah 5 tahun pun belum tentu sudah mengenal diri pasangan sepenuhnya.

Anda pasti sering mendengar kisah-kisah konflik pernikahan yang berbunyi, “Dulu dia tidak bersikap begini, saya benar-benar tidak kenal dia lagi!” Tapi suka pada pandangan pertama itu sangat mungkin. Suka pada pandangan pertama selalu terjadi tanpa bisa ditahan karena bersifat biologis dan terjadi di alam bawah sadar. Itu sebabnya rasa suka ini tidak bersifat logis atau masuk akal.

Rasa suka atau doyan ini terjadi sederhana dan otomatis begitu saja berdasarkan penilaian positif pada tiga area dalam diri Anda, yakni Visual Impression, Vocal Impression, dan Value Impression.

Masing-masing berlandaskan satu prinsip rahasia dalam hidup manusia yang sebenarnya sudah diketahui banyak orang tapi jarang diaplikasikan dalam cinta.

Semakin banyak nilai positif yang Anda miliki pada masing-masing area tersebut, semakin cepat dia jatuh hati pada Anda. Dan jika dia sudah doyan pada tujuh detik pertama, seperti dijelaskan pada awal bab ini, dia akan menghabiskan detik dan menit-menit berikutnya untuk mencari bukti-bukti yang semakin menambah rasa sukanya pada Anda.


BAGIAN II:
Visual Impression


6. Human Secret #1: People Want Sexy Things

Ada tiga rahasia manusia yang memungkinkan terjadinya cinta pada di bawah tujuh detik dan saya membaginya dalam tiga bab e-book ini. Tiga kunci prinsip yang terjadi secara instan di alam bawah sadar kita. Jadi karena tidak bersifat logis, Anda tidak bisa mengendalikan atau menolaknya.

Rahasia pertama adalah kita selalu menginginkan hal yang terlihat seksi, menggairahkan atau merangsang minat. Mata kita dengan otomatis akan terpaku pada benda atau orang yang mencolok membangkitkan selera.

Setelah mata kita terpaku, otak kita juga akan terpaku untuk terus-menerus memikirkannya… setidaknya sampai kita melihat hal seksi berikutnya.

Saya menganggap cinta pada impresi pertama selalu terhubung pada hakekat dasar manusia yang menyukai sensualitas. Perhatikan bahwa sensualitas sama sekali tidak berarti seks atau birahi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan sensual sebagai sesuatu yang berhubungan dengan kenikmatan yang bersifat naluri.

Secara naluriah kita menyukai hal-hal yang seksi. Secara naluriah kita menghargai hal-hal yang seksi. Secara naluriah kita menginginkan hal-hal yang seksi.

Dalam hal cinta, pria menginginkan keseksian wanita yang tampil feminin, wanita menginginkan keseksian pria yang tampil maskulin.

Benedict C. Jones, seorang peneliti dari University of Aberdeen, menulis dalam Psychological Science bahwa naluri itu sudah terprogram sedemikian kokoh di dalam kode genetik tubuh sebagai mekanika evolusi yang memastikan manusia memilih pasangan yang terbaik. Alias Anda dan saya memang sudah diciptakan seperti itu oleh Tuhan.

Kenapa harus dibantah? Kenapa harus merepotkan diri? Kenapa tidak manfaatkan saja prinsip itu agar hidup percintaan Anda lebih mudah?

Dan pertanyaan saya berikutnya sederhana: apakah selama ini Anda sudah berusaha tampil seksi? Kalau Anda merasa malas memperhitungkan penampilan seksi, tidak masalah. Tapi tolong sekaligus buang jauh-jauh harapan Anda untuk menciptakan cinta pada pandangan pertama.

Jika Anda kebetulan merasa minder karena bentuk tubuh yang kurang seksi, tenang saja karena seksi itu bukan berarti cantik atau ganteng. Seksi sebenarnya tidak begitu terhubung dengan kondisi fisik Anda, melainkan cara Anda menghargai dan menyajikan diri.

Dr. Brian Wansin, seorang psikolog dari Cornell University, mengadakan eksperimen dengan dua kelompok orang di sebuah restoran. Kelompok pertama diberi satu paket menu bertuliskan “Green Salad, Fish Filet, Green Beans, Potato Casserole, Chocolate Cake, and Red Wine.”

Makanan dan minuman disajikan dengan piring dan gelas plastik. Setelah selesai, kelompok pertama ini memberi nilai makan malam itu 3,4 dari 10 dan memberi perkiraan harga total $10.

Kelompok yang kedua diberi satu paket menu menggiurkan yang tertulis, “Crisp Mesclun Seasonal Greens with Italian Balsamic Encrusted St. Peter’s Fish, Haricots Verts, Potatoes Au Gratin, Belgium Black Forest Double Chocolate Cake, and ‘Vintage Napa California Merlot Wine.’’

Semua pesanan disajikan di atas piring-gelas kristal. Makanan dan minumannya ditata secara apik dengan warna-warna cerah. Lebih lanjut lagi, di meja kelompok kedua ini tersedia taplak putih, bunga, dan lilin. Setelah makan, kelompok ini memberi nilai makan malam 8 dari 10 dan memperkirakan harga total $38.

Anda pasti sudah tahu apa maksud penelitian itu. Bahan makanan untuk kedua kelompok itu dibeli dari pasar yang sama, dimasak oleh koki yang sama dan juga dimasak dengan cara yang sama sehingga rasanya persis sama juga. Perbedaan hanya cara memberi nama di buku menu dan juga cara penyajiannya. Tapi lihat bagaimana cara orang meresponinya.

Saya tidak menyangkali bahwa Anda bisa saja menggaet gebetan tanpa perlu repot-repot tampil seksi. Tapi sayang sekali jika orang jadi tidak mempedulikan kebaikan dan ketulusan hati Anda hanya karena Anda tidak enak dipandang?

Seluruh e-book ini saya fokuskan untuk memanfaatkan sisi diri Anda yang selama ini mungkin jarang diolah dengan baik. Anda akan terkejut betapa mudahnya menciptakan cinta pada pandangan pertama jika Anda tidak keras kepala dan bersedia memanfaatkan tiga prinsip dan rahasia yang akan Anda praktekkan selama beberapa hari ke depan ini.


7. Dihakimi Berdasarkan Penampilan

Pepatah boleh melarang kita menilai buku dari sampulnya, tapi tetap saja kita selalu melakukannya. Ini adalah fakta sehari-hari yang senantiasa terjadi dan tak terbantahkan. Lantas kenapa kita selalu melakukannya? Mengapa kita selalu menciptakan persepsi tentang seseorang yang baru kita kenal berdasarkan apa yang kita bisa lihat darinya?

Jawabannya adalah karena otak kita memang diprogram untuk selalu memproses semua yang terjadi di sekeliling kita. Otak menerima sinyal berisi informasi-informasi yang dikirimkan oleh kelima panca indera kamu.

Isi informasi itu sendiri biasanya bersifat netral, tidak berarti apaapa-apa. Namun ketika informasi itu kemudian dibandingkan dengan memori yang ada di bagian sistem korteks dan limbik otak Anda, mendadak muncullah arti-arti dan penilaian-penilaian tertentu.

Misalnya mata Anda melihat seseorang yang sudah akrab dengan Anda, maka otak Anda akan memberi penilaian yang kurang lebih berbunyi, “Dia dikenal dan aman.” Ketika mata Anda melihat seseorang yang asing, informasi yang terkirim itu akan diterima oleh otak dan dinilai, “Dia tidak dikenal, mungkin berbahaya.”

Otak Anda akan mulai mencocokkan penampilan orang asing itu dengan beberapa memori lainnya tentang daftar orang-orang berbahaya, mis. tinggi dan berat badan, jenis pakaian, kelompok etnis, bahasa tubuh, mimik wajah, dsb.

Ketika ditemukan banyak kecocokan dengan memori orang-orang berbahaya, barulah otak Anda menciptakan penilaian, “Saya tidak suka orang ini, saya takut dengannya, saya perlu menghindarinya.”

Jadi suka atau tidak suka, Anda tidak pernah bisa terhindar dari ‘penghakiman’ dan ‘penilaian’ instan oleh orang lain.. tanpa mempedulikan faktor seberapa baik hati Anda atau seberkualitas apa karakter dan kepribadian Anda.

Anda tidak bisa mengendalikan apa yang orang lain lakukan, tapi Anda bisa mengendalikan bagaimana mereka memproses informasi-informasi itu.. sama seperti saya mampu mengendalikan

informasi yang tepat untuk menggaet Ivonne, kekasih saya saat masih kerja kantoran, dan mendapatkan cintanya dibawah 7 detik!.

8. Berpenampilan Terbaik


Bicara soal impresi pertama selalu bicara soal penampilan. Mungkin rasanya superficial alias dangkal menurut Anda, tapi itu adalah realita. Orang melihat Anda dan menilai Anda berdasarkan informasi yang Anda tampilkan. Jika Anda berpenampilan asal-asalan, tidak peduli seberapa berkualitas diri Anda, ya Anda cenderung dianggap sebagai orang yang asal-asalan. Satu hal penting yang perlu saya tekankan: tubuh fisik Anda adalah masalah nasib, tapi penampilan Anda adalah masalah pilihan.

Saya percaya Anda memiliki kontrol penuh atas bagaimana citra diri Anda ditampilkan dan dilihat oleh orang lain. Sayangnya banyak yang malas menggunakan haknya tersebut dengan alasan, “Aku orangnya biasa-biasa aja.”Ijinkan saya berteriak keras di telinga Anda, “TIDAK, BODOH! ANDA DICIPTAKAN, DIBENTUK, SECARA LUAR BIASA OLEH TUHAN!”

Terserah apa latar belakang religi Anda, silakan renungkan hal ini: mungkinkah Tuhan seiseng itu untuk menciptakan sesuatu yang biasa-biasa saja? Seperti sudah kita bahas sebelumnya di atas, sepersepuluh detik pertama setelah melihat Anda, sang gebetan sudah menentukan apakah dia doyan atau tidak pada Anda.

Jadi kalau calon jodoh Anda ilfeel karena melihat Anda berpenampilan asal atau biasa-biasa, itu artinya Anda mempersulit pekerjaan Tuhan. Nah, Anda berani menantang Tuhan?


9. Tes Persepsi Kenyamanan Tubuh


Sebelum memulai apa-apa, saya ingin Anda melengkapi tes sederhana di bawah ini. Silakan berikan skor dengan cepat tanpa dipikir berlama-lama karena tidak ada jawaban yang benar atau salah.

sahoobi.com

Setelah selesai, simpan baik-baik skor tes persepsi di atas. Itu adalah skor dasar Anda yang tidak usah dipikirkan ataupun diingat-ingat juga.

Secara bertahap saya akan membantu Anda untuk meningkatkan angka tersebut dalam beberapa minggu ke depan. Karena angka yang Anda tetapkan pada diri sendiri akan mempengaruhi angka yang orang lain tetapkan pada diri Anda.

Jadi tugas saya adalah membimbing Anda memiliki angka yang maksimal. Tugas Anda hanya membaca dan mempraktekkan. Ini dijamin berhasil. Gampang ‘kan!

10. Menyenangkan Atau Memalukan?


Sebenarnya cinta itu adalah masalah pertautan hati, tapi masalahnya tidak ada yang bisa melihat keindahan hati Anda, boroboro menyukainya. Jatuh cinta yang sebenar-benarnya itu perlu waktu, tapi jatuh doyan itu bisa terjadi dengan instan! Jadi Anda wajib mulai dengan hal yang sederhana: membuatnya jatuh doyan pada penampilan Anda.

Saya minta Anda berdiri di depan cermin dan perhatikan refleksi diri Anda sendiri yang terpantul di sana. Hal apa yang Anda rasakan pertama kali ketika melihat bayangan tersebut? Apapun yang Anda rasakan, pasti akan dirasakan orang lain.

Itu adalah rahasia pertama dalam menciptakan impresi pertama. Impresi Anda pada diri sendiri pasti terproyeksikan keluar dan menular pada orang lain.

Istilah sehari-harinya adalah pandangan Anda tentang diri sendiri itu akan mempengaruhi pandangan orang lain terhadap diri Anda. Misalnya jika Anda merasa senang bahagia, maka orang lain tertular bahagia ketika pertama kali melihat diri Anda. Jika Anda merasa malu, maka orang lain tertular malu jika terlihat berada di samping Anda.
Nah kalau belum apa-apa saja seseorang sudah merasa malu, maka sudah pasti dia akan sulit Anda dekati ‘kan?

Orang tersebut sudah nyaris pasti sulit merasa jatuh doyan pada Anda. Jadi hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat Anda merasa bahagia ketika melihat bayangan diri sendiri. Pendeknya, Anda wajib jatuh doyan pada refleksi diri Anda sendiri.

Orang yang sulit doyan pada penampilannya akan selalu dihantui rasa minder dan memikirkan apa kata orang lain tentang dirinya. Coba jujur, apakah Anda sibuk mengkhawatirkan penilaian orang? Apakah Anda selalu ingin terlihat baik bagi semua orang? Apakah Anda menganggap penilaian orang lain terhadap diri Anda jauh lebih penting dibandingkan penilaian diri sendiri?

Jika ya, jelas saja Anda merasa lemah karena sangat tidak mungkin bisa menyenangkan selera semua orang. Satu-satunya orang yang perlu Anda senangkan adalah diri Anda sendiri. Anda perlu melakukan hal ini agar keyakinan diri Anda bertumbuh. Selama ini Anda terbiasa mengacuhkan kelebihan Anda dan menutupi kekurangan anda. Akibatnya Anda sibuk untuk berpikir apa yang orang pikirkan tentang Anda. Anda tidak lagi berfokus pada diri sendiri.

Itu sebabnya sepanjang membaca e-book ini, Anda perlu memiliki sebuah cermin ukuran besar untuk membiasakan diri melihat refleksi Anda di sana. Anda juga akan menemukan banyak sekali penggunaan prinsip cermin dalam pembelajaran ini. Bersiap-siaplah!

11. Memulai Kedamaian Visual Diri

Langkah paling pertama utuk merasa bahagia adalah berdamai dengan wajah Anda sendiri dan menyadari bahwa Anda layak untuk disukai.
  1. Caranya mudah sekali, terbagi atas dua langkah berikut. Silakan ikuti dengan seksama: Berdirilah di depan kaca dan perhatikan bagian-bagian wajah Anda yang terlihat indah. Misalnya, mata Anda terlihat tajam, atau hidung Anda mancung, atau bibir Anda terlipat manis. Lalu ucapkan afirmasi untuk bagian wajah tersebut sambil tersenyum, misalnya “Mata saya indah, saya suka mata saya!” atau “Pipi saya indah, saya suka pipi saya!” Ulangi mengucapkan format kalimat tersebut sebanyak 6-7 kali sebelum melanjutkan ke bagian wajah lainnya yang juga indah. 
  2. Berikutnya, masih berdiri di depan kata, perhatikan bagian wajah lainnya yang biasanya Anda anggap kurang menarik atau kurang indah. Ucapkan afirmasi dengan contoh format berikut, “Saya menerima [nama bagian wajah] saya dengan sempurna apa adanya.” Ulangi pengucapan sebanyak 6-7 kali, lalu lanjutkan pada bagian wajah lainnya yang belum tersebut. 
Ini adalah ritual sederhana yang meluruskan kembali cara Anda memandang diri sendiri.

Lakukan dengan disiplin selama satu minggu penuh, maka Anda bisa merasakan sendiri perubahan sikap mental Anda pada diri sendiri.

Lakukan hingga satu bulan penuh, orang di sekeliling Anda bisa merasakan perubahan sikap Anda, sekalipun Anda sebenarnya tidak mengubah sikap atau perilaku sama sekali.

Ajaib!

12. Mosaik Pribadi


Ini adalah tugas yang wajib dilakukan berbarengan dengan latihan kedamaian visual diri sebelumnya: yaitu berfoto wajah sendiri sepuluh pose setiap hari selama satu bulan penuh.

Artinya pada akhir bulan nanti, Anda punya setidaknya 300 buah foto wajah dengan variasi gaya. Untuk mendapatkan sepuluh pose tersebut, Anda mungkin perlu berfoto lebih dari sepuluh kali setiap harinya. Saya ingin Anda memiliki sepuluh bulan foto wajah Anda yang terbaik dan paling menyenangkan menurut Anda sendiri. Jadi mungkin aslinya Anda berfoto sekitar dua puluh kali, dan membuang sepuluh yang kurang menyenangkan.

Pastikan Anda melakukannya dengan berbagai pose. Saran saya Anda mulai dengan wajah-wajah yang positif, seperti tersenyum, tertawa, mengedip nakal, dsb. Jika sudah cukup nyaman melihat wajah Anda sendiri, silakan beralih pada wajah-wajah aneh, murung, termenung, berpikir, dan varian akting lainnya.

Mengapa latihan mosaik pribadi ini bisa berguna? Untuk menyadarkan bahwa Anda sebenarnya memiliki wajah yang menarik. Anda selama ini minder karena terbiasa berfokus melihat hal-hal yang kurang dari wajah Anda. Semakin minder, semakin Anda jarang menghabiskan waktu di depan kaca. Dan semakin Anda jarang berkaca, semakin Anda lupa bahwa ada hal-hal indah di wajah Anda yang perlu diapresiasi.

Kalangan aktor, aktris, dan selebritis selalu diajarkan oleh tim penata gaya bahwa setiap orang memiliki gaya dan sudut yang sangat menarik. Itu alasannya Anda bisa melihat perbedaan yang jauh antara foto selebritis dan penampilan aslinya jika Anda melihat langsung. Beberapa dari mereka malah melarang orang untuk mengambil foto mereka dari sudut-sudut tertentu.

Nah dengan mengambil sepuluh foto wajah terbaik setiap harinya, Anda ‘terpaksa’ untuk mencari tahu gaya dan sudut mana yang membuat Anda tampil lebih indah dan menyenangkan. Pasti ada, dan saya jamin itu lebih dari sekedar satu dua pose saja.

Dengan 300 buah foto diri selama satu bulan:
  • Anda akan menemukan cara pandang dan apresiasi baru terhadap fitur wajah Anda. 
  • Anda jadi memahami keunikan lekuk dan tektur wajah yang sebelum tidak Anda sadari. 
  • Anda menemukan hal-hal yang ternyata bisa Anda banggakan dari wajah Anda. 
  • Anda berhenti berfokus pada hal-hal negatif yang membuat Anda minder. 
  • Anda jadi tahu jenis senyum seperti apa yang paling cocok untuk Anda. 
  • Anda merasa jadi lebih tenang ketika harus berhadapan dengan cermin atau kamera. 
  • Anda merasa wajah Anda bisa bersinar dengan rasa percaya diri.

13. Apresiasi Menciptakan Impresi


Anda sulit merasa bahagia melihat refleksi diri di cermin atau foto karena Anda tidak melihat apa yang Anda harapkan. Anda jatuh cinta pada harapan Anda akan diri sendiri, dan membenci realita diri Anda yang sebenarnya.

Menyimpan kebencian seperti itulah yang membuat Anda jadi konflik batin ketika harus bertemu dengan orang lain.

Anda minder dan sibuk memikirkan apa kata orang. Karena Anda saja kritis dan pedas pada diri sendiri, Anda merasa orang lain akan bersikap sama.

Tidak heran Anda tidak merasa diri Anda impresif. Tidak heran Anda jengah melihat diri sendiri. Tidak heran juga Anda tidak yakin bisa membuat orang lain terimpresi dengan diri Anda, sehingga harus mengandalkan berbagai tips dan trik manipulatif untuk memikatnya.

Jadi apresiasi adalah kunci awal dari impresi. Atau bahasa sehari-harinya adalah menghargai apa yang Anda miliki.

Itu alasan saya meminta Anda mengumpulkan setidaknya 300 buah foto wajah selama satu bulan. Supaya Anda bisa mengetahui persis diri Anda, khususnya wajah Anda. Jika sudah mengetahui, Anda bisa mulai mengapresiasi.

Apresiasikan keindahan dan kekurangindahan fisik Anda, dan rasakan dengan sendirinya keyakinan diri Anda jadi bertumbuh kuat sehat. Anda tidak lagi merasa konflik batin. Anda juga tidak lagi berusaha sibuk menutup-nutupi kelemahan Anda.

Rasa keberhargaan diri itulah yang kemudian mendongkrak nilai Anda sehingga terlihat impresif di mata orang lain. Anda tumbuh yakin seyakin-yakinnya pada diri sendiri.

Akibatnya gebetan jadi tergoda ingin tahu rahasia keyakinan Anda tersebut.

14. Melanjutkan Pendamaian Visual Diri

Jika di awal tadi Anda sudah berdamai dengan wajah, maka kini Anda perlu meneruskan perdamaian itu dengan sisa anggota tubuh lainnya. Saya percaya setiap orang diciptakan dengan kelebihan-kelebihan fisik tertentu. Masalahnya adalah selama ini Anda tidak pernah bersedia untuk mengapresiasikannya. Boro-boro mengapresiasi, menyadarinya saja tidak!
  1. Ikuti langkah-langkah berikut ini. Berdirilah di depan cermin dan perhatikan dengan seksama refleksi tubuh Anda. 
  2. Lengkapi kalimat ini dengan penjelasan yang menyenangkan dan membesarkan hati Anda sendiri: “[Nama anggota/bagian tubuh] saya itu keren dan unik karena … “ Biarkan otak Anda menelurkan jawaban secara kreatif dan otomatis. Tidak masalah jika terdengar lucu atau berlebihan, asal tidak merendahkan atau menjelekkan diri. Justru semakin lucu, semakin bagus karena Anda menanamkan emosi yang positif dalam pikiran Anda. 
  3. Setiap bagian tubuh cukup perlu disebutkan sekali saja, lalu turun satu per satu ke setiap bagian tubuh lainnya sampai ke ujung jari kaki. Awalnya Anda perlu melakukan latihan singkat ini setiap hari selama satu minggu penuh. Namun setelah itu, Anda cukup perlu melakukannya ketika sedang merasa terserang perasaan minder. 
Erika Carlson, seorang psikolog dari Washington University, meneliti impresi pertama dari 280 orang yang saling mewawancara satu sama lain selama lima menit. Setelah itu mereka diminta menebak kira-kira bagaimana pasangan wawancaranya menilai kemenarikan mereka.

Hasilnya dipublikasikan dalam Social Psychological and Personality Science: orang yang percaya diri bahwa dirinya dianggap menarik ternyata cenderung benar, sementara orang yang tidak merasa dirinya dianggap menarik juga cenderung benar.

Apapun yang Anda yakinkan tentang diri Anda sendiri, orang lain dengan senang hati akan mewujudkan itu sebagai realita. Sekali lagi rumusnya, apresiasi menciptakan impresi. Ketika Anda menghargai setiap anggota dan area tubuh sendiri, Anda jadi merasa nyaman dan bahagia akannya. Anda tidak lagi minder atau berusaha menutup-nutupi penampilan diri. Sikap Anda jadi lebih terbuka santai sehingga gebetan juga terpengaruh untuk bersikap yang sama.

Sebagai bonus, orang lain juga akan memperlakukan Anda dengan lebih santai, terbuka, dan juga 
tertarik untuk mengenal Anda lebih jauh.

15. Tak Kenal Maka Tak Sayang

Jika mau orang lain jatuh doyan pada Anda, maka Anda harus lebih dulu doyan jatuh pada diri sendiri. Dan itu dimulai dari mengenali setiap properti fisik yang Anda miliki. Jika Anda tidak pernah mengetahui tinggi dan berat badan, darimana Anda tahu bahwa tubuh Anda sudah berbeban lebih atau malah kekurangan? Atau jika Anda tidak pernah ingat ukuran celana Anda, bagaimana Anda bisa mudah dan nyaman untuk berbelanja?

Ini sebabnya kebanyakan pria malah belanja fashion, karena bagi mereka rasanya lama sekali harus bolak-balik mencoba berbagai jenis dan ukuran. Sebenarnya bukan salah toko atau pakaiannya, melainkan salah Anda sendiri yang tidak familiar dengan properti tubuh Anda.

Biasanya wanita lebih cermat peduli akan properti fisik mereka, mulai dari sekedar ukuran sampai bentuknya. Tidak heran mereka umumnya bisa tampil cantik. Mereka tahu apa yang mereka miliki dan tidak miliki, jadi benar-benar mengerti juga apa yang bisa mereka lakukan untuk memaksimalkannya.

Gunakan waktu ini untuk mendaftarkan semua ukuran properti tubuh Anda. Kenali tubuh Anda agar Anda bisa peduli dan menyayanginya. Kalau peduli pada diri sendiri saja sulit, maka jangan harap orang peduli pada Anda.

16. Faktor Kemenarikan Fisik

Wanita mudah tertarik pada pria yang tampil maskulin. Secara umum, maskulin bisa dikriteriakan memiliki area dada dan pundak yang luas, berpostur tegap dan tinggi, serta berwajah tegas atau simetris.

Persis kebalikannya, pria mudah tertarik pada wanita yang tampil feminin, yakni terlihat segar atau muda, menonjol pada bagian dada dan kaki, serta berwajah cantik dengan rambut yang sehat. Perhatikan bahwa sekalipun hal-hal tersebut kadang bergantung pada kriteria fisik, namun Anda tetap memiliki kontrol penuh untuk bagaimana memaksimalkannya.

Misalnya jika Anda adalah pria bertubuh yang pendek, itu bisa diakali dengan memakai pakaian-pakaian yang tidak semakin menegaskan Anda sebagai orang pendek. Atau jika Anda adalah wanita yang rambutnya mudah rontok, itu bisa diminimalisir dengan obat atau perawatan sederhana.

Intinya Anda tidak boleh menyerah dan malas, tidak peduli seberapa tidak ideal tubuh Anda. Karen Dion menulis artikel What Is Beautiful Is Good dalam Journal of Personality and Social Psychology bahwa manusia selalu mengasosiasikan karakter yang positif (seperti lembut, cerdas, baik, ramah, jujur, dsb) pada orang-orang yang rajin menjaga dirinya agar berpenampilan menarik.

Lagi-lagi bukti bahwa orang menilai hati Anda dari penampilan Anda. Ini sudah hukum universal, 
jadi jangan dibantah!

17. Seksi Di Luar Seksi Di Dalam

Seberapa sering Anda berolahraga? Para peneliti di St. Andrews University menyatakan demikian, “People who have more blood and more oxygen colour in their skins looked healthy. How the face looks can give an insight into a persons health, and humans have learnt how to spot these signs. This is essentially how we determine if someone is sexy and attractive.”

Tubuh yang rajin diolah secara sehat dan fit menampilkan cahaya aura yang lebih atraktif dibandingkan multivitamin dan peralatan kosmetik yang paling mahal sekalipun. Olahraga berguna untuk meningkatkan warna, kualitas, kekencangan, dan kehalusan kulit Anda.

Jika malas menjaga tubuh, kulit jadi terlihat kering, pucat, rapuh dan tua. Itu tidak seksi sama sekali, padahal saya sudah jelaskan di awal keseksian itu penting dalam menciptakan impresi pada kesempatan pertama.

Postur tubuh adalah aset terpenting yang perlu dikelola agar bisa berbentuk sesimetris mungkin. Saat berbelanja pakaian, seberapa mudah atau sulit anda menemukan baju dan celana yang ukurannya benar-benar pas dengan Anda?

Jika sulit, itu berarti tubuh Anda belum terkelola dengan baik menurut ukuran standar. Ketika baju dan celana yang Anda coba selalu kesempitan atau kebesaran, itu adalah sinyal alarm bahwa Anda perlu lebih sering berolahraga dan mengatur pola makan.

18. Ketika Hidung Berbicara

Menurut Dr. George Dodd, seorang ilmuan kenamaan dunia yang mengembangkan psikologi wewangian, manusia adalah makhluk yang berorientasi pada indera penglihatan. Kita menentukan siapa yang kita sukai berdasarkan apa yang terlihat indah.

Fase berikutnya adalah indera pendengaran, yaitu manusia akan membuka dirinya pada jenis-jenis suara yang menyenangkan. Lalu tahap terakhir yang melipatgandakan kesukaan ditentukan dari indera penciuman.

Anda wajib memanfaatkan fakta ini dengan memastikan tubuh Anda beraroma segar kapan saja dan di mana saja. Tidak peduli ganteng atau cantik, ketika Anda memancarkan aroma yang kurang menyenangkan, kelebihan tersebut malah langsung jadi bahan ledekan.

Misalnya, “Penampilan boleh keren, tapi kok baunya apek..” Aroma tubuh memang kasat mata, namun bisa secara fatal menyabotase kesempurnaan visual Anda.

Saya beritahu satu rahasia lagi. Banyak orang menggunakan parfum untuk membuat lawan jenis jadi tertarik. Tapi sebenarnya itu jauh dari realita. Kate Fox, seorang peneliti dari Social Issues Research Centre menemukan bahwa sebenarnya wewangian itu lebih mempengaruhi orang yang menggunakannya daripada orang lain yang bisa mencium wanginya.

Ketika Anda menikmati wewangian yang segar dan menawan, Anda jadi merasa diri Anda segar dan menawan. Perasaan itu mempengaruhi perilaku Anda, yakni Anda jadi bersikap lebih seksi dibandingkan jika Anda sedang tidak memakai wewangian tersebut.

Wewangian tersebut memacu keberanian Anda untuk berinteraksi dengan lawan jenis. Dan jika kebetulan sang gebetan juga menyukai aroma wewangian tersebut, maka dia ikut terpengaruh merasakan hal yang sama seperti yang Anda rasakan.

Akibatnya Anda dan si dia jadi sama-sama lebih berani dan eksploratif saat berdialog.

19. Pribadi Unik Pasti Tampil Unik

Anda terlahir dengan kriteria fisik yang unik. Bukan hanya itu, kepribadian Anda juga unik. Hanya ada satu orang di dunia ini yang diciptakan seperti Anda.

Tapi anehnya, seiring tumbuh dewasa, Anda belajar untuk tidak tampil unik. Anda memilih pakaian yang biasa-biasa saja. Anda malas untuk memaksimalkan keunikan penampilan anda. Padahal impresi pertama bergantung pada visualisasi keunikan diri anda.

Analoginya seperti ini. Jika anda ingin membeli sebuah pasta gigi baru yang belom pernah dicoba sebelumnya, mana yang Anda pilih dari selusin produk sejenis di jejeran rak toserba? Anda pasti memilih produk yang packaging-nya paling mencolok alias menarik perhatian.

Sama halnya dengan gebetan dan PDKT. Orang pasti menilai seberapa berbeda atau unik Anda jika dibandingkan ‘jejeran’ orangorang lainnya.

Secara evolusi, mata manusia diciptakan untuk mengamati perbedaan dan keunikan. Pada jaman prehistorik dulu, itu berguna sebagai mekanisme pertahanan hidup dari ancaman di alam bebas. Barang, tumbuhan, atau hewan yang terlihat unik akan langsung diamat-amati dan dinilai apakah ia berguna atau berbahaya bagi kelangsungan hidup. Sesuatu yang sekilas terlihat biasa-biasa saja akan diacuhkan sekalipun ia memiliki kegunaan dan manfaat.

Saat ini jaman sudah sangat modern dan cenderung aman dibandingkan ribuan tahun yang lalu. Hidup di perkotaan, kita tidak lagi perlu was-was terhadap ancaman alam. Namun mekanisme purba itu sudah tertanam di alam bawah sadar dan kode genetik manusia: kita terbiasa untuk mencari sesuatu yang unik.

Pertanyaannya, seberapa unik Anda berani tampil? Semakin unik, semakin mudah menanamkan cinta pada impresi pertama.

20. Seni Mewarnai Diri

Kebanyakan orang cenderung bermain aman kalau soal warna pakaian yang menempel di tubuhnya. Biasanya hanya bermain di warna gelap atau netral seperti abu-abu. Saran saya Anda perlu memberanikan diri untuk mengenakan berbagai jenis warna yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

Warna yang Anda kenakan akan mempengaruhi keadaan emosi Anda, serta mempengaruhi emosi orang-orang yang berinteraksi dengan Anda. Menurut Institute for Color Research, “People make a subconscious judgment about a person within 90 seconds of initial viewing and 60-90 percent of that assessment is based on color alone.”

Berikut adalah panduan pesan yang Anda sampaikan dengan warna-warna utama:
  • Hitam adalah warna untuk kekuasaan dan kekuatan. Seorang public speaker sering menggunakan warna hitam untuk memberikan kesan otoritatif akan topik yang dia sampaikan. Tapi pada saat yang bersamaan hitam juga terasa menutup-nutupi diri dan menyimpan misteri, seperti yang dilakukan oleh pesulap. Anda bisa dikagumi karena terasa hebat, namun juga bagi beberapa orang bisa dianggap tidak bersahabat atau memiliki agenda tersembunyi. Saya pribadi agak kurang merekomendasikan hitam. Jauh lebih baik menggunakan warna lain yang pekat gelap sebagai pengganti hitam. 
  • Putih adalah warna untuk kesucian dan kemurnian. Seseorang yang memakai putih terasa apa adanya, transparan, dan bersahabat. Semakin banyak aksen putih, semakin Anda terlihat menyenangkan di mata orang lain. Namun putih juga bersifat seperti cermin. Jika seseorang pada dasarnya sudah tidak suka pada Anda, warna putih akan merefleksikan ketidaksukaannya itu pada dirinya sehingga Anda dianggap tidak menyenanginya. Tapi kalau seseorang sudah suka, warna putih akan meningkatkan kesukaannya pada Anda. 
  • Merah adalah warna yang paling pekat karena menstimulasikan nafas dan debar jantung yang lebih cepat. Semakin cerah gradasi merahnya, semakin Anda penuh energi tapi tetep terlihat santai; semakin gelap dan tajam gradasinya, semakin Anda terlihat termotivasi dan percaya diri. Anda wajib memiliki setidaknya dua baju dengan varian warna merah yang berbeda. Oh ya, pria tidak perlu takut untuk mengenakan varian merah jambu karena itu adalah warna manis romantis yang membuat Anda tampil beda dan mampu membuat menghangatkan perasaan gebetan Anda. 
  • Biru adalah warna panorama, seperti langit dan lautan. Persis berlawanan dengan warna merah, biru memancing biokimia tubuh yang sehingga terasa tenang dan damai. Para fashion consultant biasa merekomendasikan pakaian warna biru ketika wawancara pekerjaan karena melambangkan kedewasaan dan kesetiaan. Tapi di sisi lain, biru itu menggambarkan kepribadian yang lambat dan pasif. Jadi pastikan Anda tidak memakai warna biru seluruhnya dari atas ke bawah. 
  • Hijau adalah warna untuk kealamian dan kesuburan. Warna hijau dipakai oleh banyak institusi kesehatan karena membantu proses pemulihan tubuh dan mampu meningkatkan ketajaman mata. Jarang sekali orang yang berani menggunakan warna hijau karena dianggap tidak cocok di kulit. Tapi sebenarnya hijau itu membuat tubuh terlihat segar dan rileks, terutama hijau yang muda, sementara hijau yang pekat gelap memberi impresi yang keseimbangan antara maskulinitas dan femininitas. 
  • Kuning adalah warna yang optimis dan menarik perhatian. Jika Anda sedang ingin gebetan menganggap Anda lebih penting dan menawan daripada biasanya, gunakan varian warna kuning di tubuh Anda. Fungsinya persis seperti pulpen highlighter stabillo yang menegaskan kalimat yang digarisi. Kehadiran Anda jadi impresif, mudah diingat, dan juga terasa ceria. 
  • Ungu adalah warna untuk kekayaan, kemewahan, dan keromantisan. Anda bisa menggunakan ungu sebagai pengganti daya tarik feminin dan romantis dari merah muda. Pria bisa menggunakan warna ungu yang sangat gelap sebagai alternatif pengganti kekakuan warna hitam. 
  • Coklat adalah warna untuk ketulusan dan kebijaksanaan, selain juga menggambarkan kedewasaan dan kekuatan yang membuat orang lain merasa nyaman. Warna coklat lebih bersahabat jika dipakai oleh wanita, sementara pria sebaiknya menghindari warna coklat tua karena cenderung membuatnya terasa terlalu mapan dan membosankan. Coklat lebih cocok dipakai sebagai bawahan (celana, rok, dsb) daripada dipakai sebagai atasan, kecuali sang pemakai memiliki warna kulit yang cerah. 
Menurut Leatrice Eiseman, direktur Pantone Color Institute dan penulis buku Colors For Your Every Mood, wanita perlu lebih banyak menggunakan warna merah, baik merah yang halus/muda atau merah yang menyaa. Warna tersebut membuat kulit orang terlihat bercahaya, sekaligus membangkitkan naluri ingin melindungi dari para pria.

Sementara untuk pria, saya menyarankan Anda menggunakan warna-warna terang karena saya berani taruhan 80% kostum yang Anda miliki berwarna gelap.

21. Kosmetik Itu Menggelitik

Pria, Anda tidak perlu melakukan apa-apa di bagian ini. Tapi wanita, ini adalah keharusan.

Sebagai makhluk yang diciptakan lebih indah dari pria, wanita punya kewajiban untuk mengerti cara mengenakan kosmetik. Anda tidak perlu memakai segudang peralatan karena prinsipnya adalah less is more.

Bedak dan sapuan kuas berwarna adalah penambah aksen dari wajah Anda yang sudah indah sempurna, bukannya jadi topeng.

Sepanjang karir konsultasi, saya banyak menangani klien wanita yang mengaku malas menggunakan perias wajah. Alasannya mulai dari sekedar tidak mau repot sampai ke ingin terlihat alamiah apa adanya. Ada juga yang merasa kulitnya tidak cocok dengan produk-produk kosmetik.

Saya maklumi pendapat mereka tersebut dan mendukung sepenuhnya pilihan mereka untuk seperti itu. Tapi saya menambahkan bahwa mereka tidak boleh komplen jika arang mendapat respon positif dari pria-pria yang mereka sukai.

Alasan saya sederhana, “Kamu terlihat seperti teman pria mereka, jadi wajar saja kalau tidak digebet..”

23. Menata Ekstensi Tubuh

Fashion mencakup segala sesuatu yang dipakai untuk menutupi anggota tubuh Anda, yaitu atasan (baju, kemeja, jas, blazer), bawahan (celana, rok), dan alas kaki (sendal, sepatu).

Disebut ekstensi tubuh karena hal-hal tersebut merupakan perpanjangan dari tubuh Anda yang selalu melekat di sepanjang hari.

Anda tidak bisa terlalu mengubah bentuk fisik Anda dilahirkan, tapi Anda sangat bisa memperbaiki ekstensi tubuh Anda dengan mudah.
  • Anda tidak perlu mengincar pakaian branded atau mahal; yang penting adalah bersih, rapih, dan relevan dengan gaya yang sedang populer saat ini. 
  • Pilih pakaian yang sesuai dengan ukuran Anda. Jangan yang lebih sempit, jangan yang lebih longgar. Sebenarnya kaum wanita sudah mengerti tentang hal ini, jadi penekanan saya adalah untuk kaum pria yang suka masa bodoh (atau benar-benar bodoh?) tentang pemilihan ukuran pakaiannya. Jika Anda tidak mengerti, tanyakan pada sales assistant! 
  • Gunakan pengharum badan. Ini sebenarnya optional, tapi jika kebetulan Anda memiliki aroma badan yang kurang menyenangkan, Anda wajib pakai pengharum! Satu saran saya untuk beli parfum: jangan beli tiruan! Uang yang Anda investasikan dijamin akan terbalas. Barang murahan, atau bahkan tiruan, malah akan menghancurkan imej Anda. 
  • Jangan pelit-pelit dalam membeli sepatu. Setelah menimbang wajah, wanita biasanya memperhatikan sepatu yang dipakai seorang pria. Bahkan jenis sepatu Anda kadang lebih krusial daripada atasan yang Anda kenakan.

24. Aksesoris Itu Manis

Aksesoris bisa dipakai untuk pria dan wanita untuk meningkatkan daya tarik seksual. Wanita yang sedang tidak memakai aksesoris sama sekali akan terlihat biasa dan tidak menggairahkan.

Namun ketika dia mengenakan gelang, anting, kalung dan sejenisnya, tingkat kemenarikannya langsung meningkat. Dia otomatis terlihat lebih apik, lebih mencolok, lebih menawan mata.

Hal yang sama juga bisa terjadi pada pria. Memakai aksesoris akan menambah aksen penampilan (dengan demikian kepribadian) Anda dibanding pria lainnya.

Kalau Anda pikir hanya ada sedikit pilihan asesoris pria, coba perhatikan daftar panjang ini: jam tangan, cincin, ikat pinggang, dompet, tas, kalung, kacamata, handphone, topi, manset, dan gadgets lainnya.

Sering-seringlah bereksperimen dengan asesoris tubuh karena itu akan menambah poin keunikan Anda di mata orang lain. Perhatikan apa yang bagus dikenakan orang lain, lalu coba gunakan hal yang serupa pada Anda.

Khusus untuk pria, kunjungi FashionPria.com yang akan membantu memaksimalkan penampilan.

25. Poin Terakhir Tentang Visual Impression

Saya harus tekankan ini berulang-ulang: Anda bertanggungjawab untuk memberikan kemasan yang terbaik untuk bentuk fisik dan isi kepribadian Anda. Bantu diri Anda agar membantu orang lain lebih mudah jatuh doyan dalam impresi pertamanya pada Anda.

Para peneliti di New York University menemukan bahwa otak manusia secara otomatis memperhitungkan 7 buah item berikut secara sekaligus bersamaan saat menyusun impresi pertama:
  • Apakah Anda terlihat seperti orang yang perlu didekati atau dihindari? 
  • Apakah Anda terlihat seperti seorang sahabat atau musuh? 
  • Apakah Anda terlihat memiliki status sosial tertentu? 
  • Apakah Anda terlihat memiliki otoritas? 
  • Apakah Anda terlihat bisa dipercaya? 
  • Apakah Anda terlihat mudah disukai? 
  • Apakah Anda terlihat percaya diri?
Jika penampilan Anda bisa memancing jawaban yang positif untuk kebanyakan pertanyaan di atas, orang yang melihat Anda dijamin tertarik atau doyan pada Anda. Tapi kalau kebanyakan jawabannya negatif, maka buang jauh-jauh impian Anda untuk mendapatkan cintanya.

Meremehkan penampilan adalah rumus pasti untuk diremehkan orang lain. Jika Anda tidak percaya, tanyakan apakah hal itu benar pada setiap pebisnis sukses yang Anda kenal. Nah, berbisnis dan bercinta itu awalnya sama: menciptakan impresi yang baik agar orang suka dan akhirnya berminat membeli apa yang ditawarkan.

Lagipula jenis penampilan yang Anda pilih dapat mengubah pikiran dan perasaan Anda. Misalnya jika Anda berpakaian seperti pebisnis profesional (kemeja, dasi, sepatu, jas, koper, dsb), pasti otomatis Anda bertingkah, berpikir, dan menjalani hari seperti seorang pebisnis profesional.

Tidak perlu Anda perintahkan lagi, tubuh dan perasaan Anda langsung berubah dengan sendirinya. Anda ingin membuat gebetan(-gebetan) Anda berminat dan ingin memiliki Anda? Buat dirinya terlebih dulu doyan dengan penampilan yang terbaik sesuai ketujuh item yang sudah dijabarkan.

When you look good, you feel good. People around you will also feel good being with you and they will love you for it.

Percayalah apa yang dikatakan Lex :-).

BAGIAN III:
Non-Verbal
Impression

26. Human Secret #2: People Want Connection


Anda mungkin sudah pernah tahu tentang hirearki motivasi yang diciptakan oleh Abraham Maslow. Manusia memiliki lima tingkat kebutuhan yang memotivasi dirinya dalam bertindak dan wajib dipenuhi satu per satu seiring perkembangan dirinya.
  • Physiological Needs. Ini adalah kebutuhan untuk bertahan hidup, seperti udara, air, makanan, dan istirahat. Jika hal-hal ini tidak terpenuhi, manusia tidak akan memikirkan kebutuhan lainnya. 
  • Safety Needs. Setelah kebutuhan fisik terpenuhi, manusia akan mulai memikirkan tentang bagaimana terhindar dari ancaman, seperti mencari tempat tinggal di daerah yang aman, memiliki pekerjaan dan tabungan, dsb. 
  • Social Needs. Kebutuhan berikutnya setelah aman dan nyaman adalah kebutuhan untuk berhubungan dengan orang lain. Mulai dari sekedar pertemanan, tergabung dalam komunitas, memiliki kekasih, dsb. 
  • Esteem Needs. Masih berbau hubungan sosial, ini adalah kebutuhan untuk merasa diri berharga yang biasanya berbentuk prestasi, pengakuan dari orang lain, status sosial, pencapaian karir, dsb. 
  • Self-actualization Needs. Ini adalah puncak dari kebutuhan manusia, yakni termotivasi untuk mencapai potensi diri yang lebih tinggi dan terhubung dengan arti hidup yang lebih berarti. Tidak seperti kebutuhan-kebutuhan sebelumnya, tingkat ini tidak akan bisa terpenuhi dengan sempurna karena indikatornya cukup abstrak, seperti mencapai kebahagiaan, keharmonisan, keindahan, keseimbangan, dsb.
Semuanya diawali oleh kebutuhan fisik, yaitu kebutuhan untuk bertahan hidup dan keamanan diri dari ancaman bahaya. Tiga tingkat berikutnya adalah kebutuhan yang bersifat psikososial, yaitu efek keterhubungan seseorang dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Coba saja Anda renungkan. Kalau sudah aman nyaman karena kebutuhan dasar terpenuhi, maka hal berikutnya yang Anda cari adalah bagaimana agar tidak merasa kesepian. Pepatah orang bijak mengatakan, “If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together.” Kita menyadari bahwa untuk lebih menikmati hidup, kita perlu berkomunikasi dengan orang lain.

Dalam bukunya yang berjudul In Loneliness: Human Nature and The Need for Social Connection, John Cacioppo menulis bahwa manusia selalu haus berhubungan dengan manusia lainnya agar tidak merasa takut sendirian ketika nanti menjelang akhir hidup nanti. Anda dan saya butuh untuk selalu berkomunikasi dengan orang lain, karena ketiadaan komunikasi terasa seperti kematian.

Lalu apa korelasinya dengan cinta pada pandangan pertama?

Anda wajib bisa mengkomunikasikan kehangatan dan cinta padanya, jauh sebelum Anda membuka mulut Anda. Jika Anda harus berbicara untuk membuatnya jatuh doyan, maka itu sudah terlambat. Anda sudah kelewatan banyak sekali momen penting yang bisa membuatnya jatuh hati.

Dalam bab ini, saya ingin mengajak Anda untuk melatih seni komunikasi yang jauh lebih intim daripada apa yang selama ini biasa Anda bisa saja lihai dalam mengobrol dengan siapa saja. Anda bahkan mungkin memiliki kemampuan luarbiasa untuk berkata-kata manis yang membuai hati gebetan Anda. Tapi ayo jujur, seringkali itu tidak efektif.

Anda terlalu mementingkan isi pesan yang ingin Anda sampaikan daripada cara Anda menyampaikannya. Anda terlalu memikirkan apa yang ingin Anda katakan daripada bagaimana cara paling efektif untuk menyampaikannya.

Coba lihat kisah manusia purba di awal di masa lampau. Mereka tidak memiliki bahasa ucapan yang lengkap dan megah seperti sekarang, namun tetap dapat berkomunikasi satu sama lain. Mereka bisa bekerja sama. Mereka bahkan bisa menggoda, berpacaran, dan bercinta. Bahasa sangat terbatas, tapi mereka tetap bisa efektif.

Ini adalah rahasia manusia yang kedua untuk menciptakan cinta pada impresi pertama: ciptakan koneksi yang intim dan penuh arti dengan alam bawah sadarnya. Setelah ia jatuh doyan pada Anda karena impresi visual yang seksi, maka kini saatnya untuk membangun jembatan hubungan komunikasi dengan sinyal-sinyal bahasa tubuh yang menawan hati.

Pikiran sadar manusia mengolah kata-kata, namun pikiran bawah sadar mengolah simbol, gambar, warna, sensasi, dan banyak hal lainnya yang akan saya jelaskan dalam sebentar lagi.

27. Anda Bukanlah Kata-Kata Anda

Kalau Anda pikir komunikasi terjadi lewat ucapan yang keluar dari mulut, maka Anda hanya 7% benar karena 93% sisanya terkomunikasikan lewat ekspresi wajah dan bahasa tubuh lainnya.

Hal tersebut merupakan hasil penelitian dari Albert Mehrabian, seorang profesor psikologi dari UCLA, yang menulis buku Silent Messages: A Wealth of Information About Nonverbal Communication. Komunikasi secara non-verbal tidak bisa dihindari, tidak bisa ditahan, dan tidak bisa disembunyikan. Istilahnya, Anda tidak mungkin tidak berkomunikasi, sekalipun kedua bibir Anda diolesi lem besi dan dijahit rapat.

Bahkan jauh sebelum orang mendengarkan kata-kata Anda, dia sudah bisa menangkap pesan-pesan yang serupa lewat mengamati bahasa tubuh Anda.

Itu sebabnya dalam pelatihan Hitman System, saya tidak pernah mengajarkan trik ataupun tips kata-kata apa saja yang bisa dipakai untuk membuat lawan jenis jatuh doyan pada Anda.

Apa yang Anda lakukan jauh lebih bermakna dan diperhitungkan daripada apa yang Anda ucapkan. Tubuh Anda jauh lebih vokal daripada mulut Anda. Jika selama ini Anda merasa banyak menekankan komunikasi pada apa yang Anda bicarakan, saya jamin Anda akan sangat menikmati bab spektakuler ini yang penuh dengan tips vokalisasi

perilaku tubuh. Persis seperti nasihat orangtua yang bilang, “Berikan bukti (tindakan), bukan janji (ucapan)..”

28. Sinyal Bahasa Tubuh


Secara garis besar, ada dua jenis sinyal yang dikirimkan oleh tubuh Anda secara bergantian setiap saat setiap harinya.
  • Terbuka (open body language). Kepala bisa berhadapan langsung ke lawan bicara sambil sesekali melihat ke sekeliling. Sorotan mata rileks dan berdurasi lama, menatap bersahabat dengan frekuensi kedipan yang normal. Kedua tangan bergerak bebas lepas seiring dengan ucapan. Kadang telapak tangan terbuka rileks, kadang dibuat jadi bentuk-bentuk yang menekankan ucapan, kadang juga dipakai untuk memegang sebuah barang. Kedua kaki biasanya tidak bersilang, malah kadang terbuka lebar (kecuali wanita yang mengenakan rok) dengan ujung kaki berposisi mengarah pada lawan bicara. Bahasa tubuh yang terbuka seperti ini menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang positif dan sangat percaya diri. Contoh paling nyata adalah jika Anda membuka melebarkan tubuh Anda untuk berbicara sambil memalingkan kepala melihat ke tempat lain. Ini mengirimkan pesan ke alam bawah sadar lawan bicara Anda berbunyi, “Saya nyaman, tenang dan sudah terbiasa dengan keadaan ini, jadi tidak curiga ataupun takut Anda akan melukai saya sekalipun tubuh saya terbuka seperti ini.” 
  • Tertutup (closed body language). Kepala biasanya mengarah ke tempat lain atau menunduk. Tatapan mata menukik tajam ke arah lawan bicara sambil sering menerawang. Lengan menumpuk satu sama lain, atau bisa juga saling bersilangan. Kaki juga bersudut tertutup, disilangkan, atau dibelitan ke kaki kursi atau meja. Pada kasus yang ekstrim, badan digoyang-goyangkan seperti tidak nyaman atau tidak sabar hendak pergi. Bahasa tubuh tertutup seperti ini menunjukkan bahwa Anda sedang bersikap defensif, bisa jadi karena grogi atau menyembunyikan sesuatu. Secara alamiah, kita akan merasa tidak nyaman ketika berhadapan orang yang bersikap seperti ini. Anda bisa aja menampilkan senyum di wajah, tapi jika tubuh Anda tertutup, justru itu akan membuat lawan bicara jadi semakin risih dengan keadaan tersebut.
Sudah jelas Anda perlu melatih diri agar lebih sering memberikan sinyal bahasa tubuh yang terbuka. Lagipula ketika menutup diri, Anda terlihat seperti pemalu dan egois hanya memikirkan diri sendiri.

Sesekali tertutup tidak apa-apa, khususnya bila memang berada dalam situasi yang baru atau mengancam. Itu sebabnya Anda perlu banyak-banyak bergaul agar tubuh Anda jadi terbiasa dengan segala macam situasi yang ada.

29. Mata Adalah Jendela Jiwa


Pepatah itu ada benarnya. Orang yang ingin menganalisa orang lain biasanya akan menatap ke dalam matanya. Setidaknya demikian kata teman-teman saya. Bahkan tanpa berkata apa-apa pun, saya yakin Anda bisa merasakan isi hati seseorang jika Anda melihat ke dalam matanya karena mata dapat menceritakan rahasia dan mengungkapkan isi pikiran seseorang.

Hal pertama yang mudah terbaca adalah keyakinan diri seseorang. Orang yang rendah diri cenderung menghindari kontak mata, sering melihat ke bawah seperti mencari koin yang jatuh.

Nah, apakah Anda selama ini mampu bertukar tatapan dengan gebetan Anda? Atau malah Anda biasa mengalihkan perhatian ke tempat lain, malu-malu jika harus beradu pandangan dengannya.

Pria, kaum wanita menyukai sosok yang berani melihat dan membalas tatapan matanya karena itu artinya Anda terasa jujur dan terbuka. Tidak berusaha menutup-nutupi sesuatu, memakai topeng, atau “memiliki agenda tersembunyi,” kata mereka.

Wanita, kaum pria menyukai sosok yang berani menginisiasi dan membalas tatapan mata karena itu menunjukkan Anda yakin dengan diri sendiri. Anda tidak malu, minder atau lainnya sebagaimana kebanyakan wanita lainnya. Coba saja perhatikan bahwa wanita-wanita cantik yang percaya diri cenderung memiliki sorot mata yang tajam.
Beranikan diri Anda untuk lebih banyak memandang orang yang Anda sukai. Sepertinya sederhana, tapi ini adalah hasil penelitian saintifik dari Face Research Laboratory pimpinan Dr Ben Jones dari Aberdeen University: “It’s exactly as you may expect – that you like people who find you likeable. People seem to like someone who likes them, based on the direction of their gaze,” sarannya.

  • Berikut adalah beberapa tips praktis pandangan mata untuk memberi impresi pertama yang tepat: Ketika melihat seseorang yang menarik perhatian di kafe atau tempat publik lainnya, tatap dia dengan tenang sambil Anda terus berbicara dengan teman Anda. Jika dia membalas pandangan pada Anda, berikan senyum bibir tertutup. Tahan selama satu dua detik, lalu lepaskan dengan santai sambil terus berbicara dengan teman Anda. Ulangi beberapa kali lagi dan jangan lupa variasikan dengan berbagai bentuk senyuman lainnya. 
  • Ketika bertukar tatapan dengan seseorang, sedikit picingkan mata Anda dengan kepala yang juga sedikit miring. Kurang lebih seperti pose kepala anjing yang sedang berpikir bingung. Biasanya ini akan memancing senyum atau kebingungan dari orang yang di seberang sana, jadi jangan lupa Anda balas dengan senyum juga. 
  • Ketika mengobrol dengannya, berikan banyak waktu untuk bertukar tatapan mata, lalu pindahkan fokus untuk memandang mata kirinya selama dua detik, ke mata kanannya selama dua detik, ke bibirnya selama dua detik, dan kembali ke kedua matanya. Siklus ini bisa dilakukan beberapa kali sembari berdiskusi.

30. Kekuatan Tatapan Mata

Saya masih ingat ucapan junior saya ketika SMA dahulu, “Kamu sorotan matanya tajam, seperti bisa menembus diri diri saya dan melihat hal-hal yang bahkan saya sendiri tidak bisa lihat,” kata Merry dengan nada romantis serius di tengah-tengah perayaan ulangtahun hubungan kami.

Berbagai testimoni serupa juga disampaikan para pihak HRD yang menjelaskan alasan mereka ingin memperkerjakan saya untuk perusahaannya. Saya berkali-kali ‘mengalahkan’ kandidat job applicant lainnya yang lebih berpengalaman dan lebih tinggi pendidikannya daripada saya, hanya dengan menggunakan kekuatan tatapan mata saja.

Bagi saya, tatapan mata adalah senjata tersakti kedua untuk menciptakan first impressions yang memukau. Kalau sudah menguasai seni tersenyum, maka Anda wajib melanjutkan ke seni menatap karena tatapan mata Anda bisa berguna untuk:
  • Meningkatkan kredibilitas dan wibawa Anda sebagai orang yang berani. 
  • Menunjukkan kepedulian dan kehangatan Anda ketika berkomunikasi. 
  • Memberi impresi Anda sudah terbiasa bergaul dengan banyak orang. 
  • Membuat orang merasa nyaman karena Anda terasa terbuka apa adanya. 
  • Mencerminkan bagaimana Anda yakin dan bangga pada diri Anda sendiri.
Kalau selama ini Anda pikir dalam PDKT yang penting adalah isi obrolan, Anda sangat salah! Pertukaran tatapan mata jauh lebih krusial untuk membuatnya nyaman dan tertarik pada Anda.

Anda pasti pernah dilirik dari jauh oleh seseorang dan bibit-bibit cinta langsung tumbuh di hati Anda dan ‘memaksa’ Anda untuk terus memikirkannya.

Semakin banyak Anda pancing gebetan untuk menatap Anda, semakin dia merasa tersedot masuk ke dalam kepribadian Anda.

31. Mata Kaca

Selain tatapan yang tajam, ada satu lagi trik tubuh yang sangat menarik. Mata kita memiliki kelenjar kecil di balik kelopak mata bawah untuk mengeluarkan lubrikasi air mata. Menurut Patty Wood, seorang peneliti bahasa tubuh dan penulis rutin di majalah Psychology Today, kelenjar itu juga mengeluarkan air ketika kita sedang tertarik atau bersemangat akan sesuatu.

Itu sebabnya orang yang merasa demikian bola matanya terlihat bersinar atau berkilau.

Mungkin Anda ingat pose mata kucing yang berkaca-kaca di film Shrek. Atau pasti Anda pernah dengar orang yang komentar, “Entahlah, saya seperti melihat ada sesuatu di matanya..” atau “Matanya jadi bercahaya ketika kami bertemu!”

Efek yang ditimbulkan dari kilauan mata ini membuat lawan bicara Anda jadi tersentuh dan tertarik tanpa alasan yang jelas.

Ini memang sesuatu yang bersifat alam bawah sadar, alias Anda tidak melakukannya secara sadar. Namun bukan berarti Anda tidak bisa sedikit melatih keahlian ini agar bisa dilakukan jika Anda memerlukannya. Tidak lagi tergantung pada kondisi, apalagi di awal PDKT biasanya ketertarikan belum begitu setinggi itu.

Jadi jika Anda ingin menghadirkan efek mata yang basah berkacakaca ini, silakan ingat-ingat pengalaman yang menyedihkan atau menyakitkan sambil terus menahan kelopak mata Anda agar tidak mengedip selama mungkin.

Jika kering, bola mata Anda akan terasa perih dan kelenjar mulai bekerja. Ditambah dengan memikirkan emosi sedih, kelenjar itu lebih terpacu untuk mengeluarkan cairan. Kuncinya adalah konsentrasi tinggi. Semakin konsentrasi, semakin cepat basah.
Berikut adalah beberapa tips tambahan yang bisa Anda kombinasikan sendiri untuk semakin memaksimalkan produksi kelenjar tersebut:
  • Buat otot wajah Anda rileks serileks-rileksnya atau tegang setegang-tegangnya; pilih salah satu, intinya jangan netral kalem saja. Kondisi ekstrim ini akan memicu kelenjar air mata Anda seperti sedang mengalami emosi yang pekat. 
  • Ketika menahan kedipan mata, barengi dengan menahan nafas selama mungkin namun jangan sampai terlihat oleh lawan bicara. 
  • Gigit bagian dalam dari lidah Anda sampai nyeri atau sakit. Ini biasanya juga memancing mata jadi berkaca-kaca. Sama seperti di atas, lawan bicara tidak boleh melihat
Anda mengigit bibir atau mengernyit kesakitan. Atau variasinya adalah menekan area otot antara ibu jari dan telunjuk Anda sekeras mungkin sampai terasa nyeri atau sakit.

32. Menatap Dengan Intim

Ada sebuah eksperimen menarik yang dilakukan seorang profesor psikologi bernama Arthur Aron di Stoney Brook University.

Sekelompok mahasiswa dan mahasiswi yang saling tidak mengenal diatur berpasangan dan memandang ke mata satu sama lain selama empat menit tanpa mengucapkan apa-apa. Tidak boleh mengucapkan kata-kata, tidak boleh tersenyum, tidak boleh menyentuh.

Setelah selesai, Arthur menanyakan impresi mereka masing-masing akan pasangannya. Jawabannya mencengangkan: hampir semuanya mengaku merasa ketertarikan yang tidak bisa mereka mengerti secara logika. Padahal mereka tidak saling berbicara sama sekali. Dalam jangka waktu satu tahun setelah eksperimen itu, beberapa dari pasangan yang awalnya tidak saling mengenal itu menikah.

Ini adalah rahasia umum yang sedikit sekali dipraktekkan orang. Bagaimana sikap Anda selama ini ketika berhadapan dengan gebetan?

Apakah Anda banyak menunduk atau membuang tatapan Anda? Biasanya karena minder atau salah tingkah. Padahal semakin panjang durasi Anda bertukar pandangan dengannya, semakin besar keintiman yang terbangun.

Saat saling menatap dengan intens, biasanya Anda (dan si dia!) merasa tegang dan adrenalin terpompa ke dalam darah. Telapak tangan mulai dingin atau berkeringat. Nafas jadi singkat pendek.

Kulit terasa kencang dan panas, seiring pupil bola mata mengalami dilasi. Amygdala, pusat otak yang memproses emosi, langsung teraktivasi seperti kembang api di perayaan tahun baru. Tubuh Anda penuh dengan hormon dopamine yang membangkitkan rasa semangat menggebu-gebu serta oxytocin yang memicu rasa kehangatan atau keintiman.

Semua itu terjadi hanya dengan tatapan mata saja. Jadi bayangkan betapa ruginya kalau Anda tidak berani menatap ke arah matanya saat Anda lagi kehabisan kata-kata! Nah jika Anda bingung apa yang dilihat ketika Anda menatap warnanya, saya beritahu dua tips:
  • Pertama, perhatikan bagian iris dari bola matanya. Itu adalah bagian yang biasanya memiliki warna coklat, hitam, atau lainnya. Nikmati bentuknya yang unik, gradasi bayangan dan warnanya. Seolah seperti Anda sedang menikmati lukisan yang memiliki makna luar biasa. 
  • Kedua, perhatikan bagian pupil alias titik hitam yang ada di tengah bola matanya. Karena warnanya pekat, jika dilihat pada sudut tertentu Anda bisa melihat refleksi diri Anda sendiri terpantul di sana. Silakan luangkan waktu untuk berkaca di sana, memperhatikan diri Anda sedang memperhatikan diri Anda juga.

33. Teropong Mata


Pembahasan tentang mata masih belum selesai. Eckhard Hess, seorang biopsikolog di University of Chicago, meneliti ukuran pupil mata sebagai indikator emosi dan ketertarikan. Berdasarkan penelitiannya, ukuran pupil kita bisa melebar atau membesar seperti teropong ketika melihat sesuatu yang menarik perhatian. Penelitian terkait lainnya di Edinburgh University adalah secara tidak disadari kita memiliki ketertarikan khusus pada orang yang memiliki pupil besar.

Penjelasan saintifiknya panjang sekali mengapa hal-hal itu terjadi, jadi saya tidak akan beberkan di sini. Lagipula saya ingin Anda memiliki pengetahuan yang praktis daripada teoritis. Bagaimana cara mengaplikasikan kondisi bio-psikologis ini untuk memberikan impresi yang luar biasa pada gebetan?

  • Simak beberapa pilihan cara berikut ini dan pilih yang paling mudah untuk Anda lakukan: Jika bisa, kendalikan sistem penerangan ruangan. Pupil kita otomatis membesar ketika berada di ruangan yang remang-reman atau gelap. Itu sebabnya acara makan malam biasanya menggunakan lilin atau lampu yang remang supaya bisa menghadirkan suasana hati dan fisik (pupil) yang romantis.
  • Kencangkan otot-otot perut dengan berbagai cara dan lihat di kaca apakah ada gerakan perut yang memancing pupil Anda membesar. Saya pribadi belum bisa menemukan penjelasan mengapa mekanika ini bisa  berhasil, tapi sepertinya agak terhubung dengan fenomena perut  tegang, grogi, atau penuh (sehingga malas makan) yang normalnya terjadi ketika kita jatuh cinta pada seseorang.
  • Ingat-ingat sesuatu yang membuat Anda merasa tegang atau takut. Pikirkan sebanyak mungkin sampai Anda mulai merasakan seluruh tubuh jadi ikut tegang karena adrenalin sudah terpompa ke darah. Saat itu, pupil otomatis membesar mata kita terprogram untuk jadi lebih awas dan sensitif mengamati situati yang mengancam diri.
  • Buat mata Anda seperti bisa melihat menembus gebetan Anda, memandangi apa yang ada di belakangnya. Mata Anda secara otomatis akan memperbesar pupil agar bisa memperhatikan sesuatu yang berjarak jauh.

34. Melihat Dengan Penuh Arti

  • Wanita dapat memperlebar mata dengan cara menarik otot alis dan kelopak mata mereka sehingga terlihat polos seperti wajah bayi. Ketika pria melihat penampilan ini, hormon biokimia otomatis terkirim ke otak sehingga memicu mereka bersikap sayang dan melindungi sang wanita. Ini adalah salah satu alasan mengapa wanita di sepanjang jaman suka memotong alisnya dari bawah agar terlihat lebih tinggi. 
  • Pria bisa menggunakan prinsip di atas dengan persis kebalikannya, yakni menurunkan otot alis sehingga mata terasa lebih sempit, tajam, agresif, dan maskulin. Jika Anda pergi ke salon pria, maka mereka cenderung merapihkan alis dari sebelah atas. 
  • Ketika mengobrol atau mendengarkan lawan bicara menyampaikan sesuatu, wanita dapat menahan tatapan matanya selama dua tiga detik, lalu menggeser ke arah lain dan diakhiri dengan menatap ke bawah. Gerakan seperti ini akan mengirimkan pesan subliminal yang dimengerti oleh sang pria sebagai sesuatu yang feminin dan menggoda.
  • Namun jangan Cuma sekali melakukannya karena berdasarkan penelitian Monika Moore dari Websters University, umumnya pria tidak cermat membaca bahasa tubuh seperti itu. Ia menyarankan Anda mengulang setidaknya tiga kali. Saat gebetan Anda terlihat seperti menyadari akan gerakan itu, maka Anda bisa kombinasikan dengan menarik otot alis seperti tips pertama. 
  • Menatap dari samping (alias melirik) bisa digunakan untuk mengkomunikasikan minat untuk canda, khususnya jika ditambah dengan alis yang ditarik ke atas atau sebuah senyuman. Biasanya wanita menggunakan hal ini untuk meluluhkan hati pria dan cukup efektif. Namun pria juga bisa melakukannya untuk menampilkan kesan manis ‘nakal’ yang ingin menciptakan hubungan lebih dari sekedar teman. 
  • Ketika mendengarkan gebetan yang sedang berbicara, perlambat kedipan Anda sekali dua kali. Sebelumnya, biarkan mata Anda menatap cukup lama tanpa berkedip. Lalu secara sadar tutup kelopak Anda seperti mengantuk atau hendak memproses sesuatu. Ini efeknya serupa dengan Anda mengangguk kepala tanda mengerti, bedanya dilakukan dengan kelopak mata. 
  • Sinkronisasikan kedipan mata Anda agar kurang lebih berbarengan dengan beberapa kali kedipan mata lawan bicara Anda. Ini juga akan membuatnya merasa terhubung dan dimengerti tanpa alasan yang dia sendiri tidak begitu pahami. Saya akan jelaskan lebih panjang pada bagian Rapport nanti. 
  • Fokuskan penglihatan Anda pada mata kiri, lalu mata kanan, kemudian bibir lawan bicara Anda dan lakukan siklus ini terus sepanjang mengobrol. Ketika dia menyampaikan sesuatu yang lucu atau memancing senyum, hentikan fokus Anda pada bibirnya. Ini adalah pandangan yang mengkomunikasikan pesan sensual dan membangkitkan minat gairahnya tanpa dia sadari.

35. Satu Lagi Tips Tatapan Yang Sakti


Lalu masih ada satu lagi tips unik yang sudah ratusan kali saya lakukan dan selalu memberikan efek yang luar biasa dan sering diungkit oleh kekasih-kekasih saya ketika sedang mengenang kembali pertemuan pertama kami. Saya menyebutnya High Voltage Gaze alias Tatapan Tegangan Tinggi.
  1. Gerakan ini biasanya dilakukan ketika si dia sedang seru menceritakan sesuatu pada Anda. 
  2. Mendadak Anda potong kisahnya, “Eh tau nggak…” dengan air muka serius, kelopak mata yang sedikit menyempit, memicing tepat ke matanya. 
  3. Gantung ucapan Anda tetap di sana dan tidak berkata-kata apapun selama mungkin, sedikit munculkan pose duchenne smile sambil memandang padanya seolah sedang mencari kalimat yang tepat.
Jika dilakukan secara tepat, Anda dan dia akan langsung merasakan ketegangan yang memuncak secara drastis. Setelah lima detik atau lebih, pecahkan ketegangan itu dengan tersenyum lebih lebar, terus memandang padanya, dan berkata, “Ah gapapa, mungkin cuma aku saja yang merasa..”

Saya tidak akan menjelaskan sehebat apa efek tips ini, jadi Anda sendiri yang silakan mencoba dan menikmati hasilnya yang luar biasa. Tidak usah repot-repot dilaporkan ke saya karena saya sudah tahu persis.. ‘kan saya yang menciptakannya.

 

36. Memainkan Kitty Head

Saya namakan Kitty Head karena ini memang gerakan yang dilakukan oleh anjing kesayangan saya waktu sekolah dasar dahulu, namanya Kitty. Harap kendalikan diri Anda untuk tidak memusingkan mengapa saya memberi nama Kitty pada seekor anjing. : ) Kitty biasa memiringkan kepalanya seolah-olah mengerti ketika saya sedang mengajaknya bicara. Anda pasti sudah pernah melihat gerakan ini jika pernah memelihara anjing atau menonton film tentang anjing. Setiap kali dia melakukan hal tersebut, saya merasakan luapan emosi keintiman dan kegemesan yang sulit dijelaskan padanya.
Saat itu saya terpikir untuk memodel gerakan tersebut ketika berbicara dengan gebetan. Dan uniknya, Kitty Head  memancing respon yang positif dan itu selalu menjadi gerakan favorit saya sampai sekarang.
Beberapa waktu yang lalu, lebih dari dua puluh tahun semenjak saya memainkan Kitty Head, saya mengerti alasan mengapa gerakan itu efektif.
Saya menemukan hasil riset dari Dr. Darren Burke dan Dr. Danielle Sulikowski, dua orang psikolog dari University of Newcastle, yang menyatakan bahwa cara kita menciptakan sudut tampilan wajah kita mempengaruhi persepsi kemenarikan kita di mata lawan bicara.
Saya pribadi hanya mengetahui gerakan memiringkan kepala saja, namun beliau menyempurnakan dengan saran-saran lebih detil sebagai berikut:

  • Bagi wanita, turunkan kepala Anda ke bawah (seperti menunduk) sehingga lawan bicara seperti memandang Anda dari posisi yang lebih tinggi, dan berikan sedikit sudut miring ke kanan atau kiri. Dalam posisi seperti ini, biasanya mata Anda juga jadi mendelik ke atas untuk menatap lawan bicara Anda. Entah bagaimana wanita sudah otomatis mengerti gerakan Kitty Head ini, misalnya berfoto miring-samping yang populer di Facebook.
  • Bagi pria, persis kebalikannya, yaitu naikkan dagu Anda lebih tinggi daripada normal (seperti menengadah) lalu tambahkan sedikit sudut miring ke kanan atau kiri. Sebelum melakukan ini, pastikan Anda sudah merapihkan bulu hidung Anda agar tidak malah memberikan efek yang berkebalikan.
    Penjelasan menurut teori evolusi adalah gerakan kepala miring seperti itu mengirimkan pesan bahwa si pelaku merasa santai, ‘berserah’, dan mempercayakan diri pada lawan bicara. Itu artinya Anda tidak memiliki agenda tersembunyi, sehingga gebetan Anda tidak perlu menutup diri ketika berinteraksi pada Anda.

37. Wajah Yang Berjodoh

Anda pasti pernah dengar spekulasi Sigmund Freud yang menyatakan bahwa orang cenderung suka orang lain yang menyerupai orangtuanya. Ada banyak penelitian yang mendukung hal tersebut, tapi saya tidak akan bahas di sini karena tidak mungkin Anda mengubah wajah agar bisa mirip dengan orangtua gebetan Anda.
Tapi yang saya bahas adalah penelitian sejenis yang menyatakan bahwa manusia cenderung menyukai orang yang mengingatkannya akan diri sendiri. Ibaratnya kalau ada orang yang mirip dengan diri Anda, maka Anda merasa lebih nyaman karena seperti sudah mengenalnya selama bertahun-tahun. Jadi tidak perlu lagi penyesuaian diri yang banyak.
Ini adalah hasil riset David Perett, seorang psikolog di University of St. Andrews. Sejumlah sukarelawan diambil fotonya dan diproses oleh David dengan program pengubah foto digital menjadi wajah orang lain yang berlawanan jenis. Misalnya foto sukarelawan pria diedit jadi seorang wanita, dan demikian sebaliknya.
Setelah itu para sukarelawan ditampilkan setumpuk foto lawan jenis dan diminta untuk memilih orang yang paling mereka sukai. Hasilnya hampir seluruh partisipan memilih lawan jenis yang diciptakan dari wajah mereka, sekalipun mereka tidak menyadari itu adalah diri mereka sendiri.
Apa yang bisa Anda lakukan dengan pengetahuan ini?
Miliki kebiasaan untuk meniru ekspresi wajah unik yang dimiliki oleh gebetan Anda.
Perhatikan hal-hal ini:
– Bagaimana ekspresi wajahnya ketika terkejut, bingung, atau tersenyum?
– Bagaimana caranya menyatakan persetujuan?
– Bagaimana ekspresi wajahnya ketika menguap karena mengantuk?
– Bagaimana caranya mengedipkan sebelah mata?
– Bagaimana ekspresi bibirnya jika sedang meledek atau cemberut bercanda?
– Bagaimana caranya menunjukkan rasa tidak suka atau tidak setuju?
– Bagaimana ekspresi hidungnya ketika mencium bau yang tidak enak?
– Bagaimana caranya berpikir keras ketika hendak memutuskan sesuatu?
– dan masih banyak ekspresi lainnya!
Bahkan supaya lucu menyenangkan, atur timing sehingga bisa muncul berbarengan dengannya. Jika dia bertanya mengapa ekspresi Anda sama, jawab, “Masa sih? Kata orang jaman dulu sih itu tandanya jodoh, tapi aku ga percaya!”

38. Menawan Hati Dengan Senyuman

Menurut teorinya, 75% pesan yang orang lain terima dari Anda berasal dari bahasa tubuh Anda, bukan dari kata-kata yang Anda sampaikan padanya. Nah gerakan tersakti dan terbaik yang bisa Anda andalkan untuk impresi pertama adalah senyuman.
Senyum merupakan hal sederhana yang dijamin bisa menawan perhatian orang. Kalau pembunuh berdarah dingin saja bisa jadi terlihat hangat dan menarik jika tersenyum, apalagi jika Anda -orang yang baiktersenyum.
Tapi apakah Anda orang yang mudah dan rajin tersenyum ketika PDKT?
Sahabat saya, Evelyn, mengaku bahwa dirinya yang tidak ekspresif menghambatnya menarik perhatian dari gebetan. “Aku dari kecil memang biasa begini, tomboi, apa adanya dan ga banyak gaya..” katanya. Saya potong keluhannya mengasihani dirinya dengan pedas, “Kamu boleh saja tidak ekspresif, itu pilihan kamu.. tapi wajib rajin senyum!”
Mengapa wajib? Tadi saya sudah bahas bahwa orang menciptakan impresi pertama dalam 1/10 detik pertama ketika melihat dengan wajah Anda.
Porsi terbesar penilaian terhadap Anda ditentukan dari apa yang tampil di wajah Anda. Saya berani bertaruh 80% dari seluruh usaha PDKT Anda gagal hanya karena disebabkan ekspresi wajah Anda yang salah.
Kebanyakan orang ketika PDKT, sibuk berpikir apa yang hendak dilakukan dan dikatakan, serta menebak-nebak apa yang gebetan akan sampaikan. Berikut adalah hal yang biasanya terjadi:
– Terlalu banyak berpikir, sehingga membuat wajah Anda terlihat kosong hampa.
– Mata Anda jadi terlihat seperti menatap menerawang jauh, menembus dirinya.
– Sang gebetan jadi merasa seperti diajak ngobrol dengan robot, atau manusia yang kaku.
– Ketika Anda terlihat kaku, orang yang diajak ngobrol juga jadi ikutan kaku dan bingung.
– Ketegangan membuat bibir Anda terkatup datar, terlihat sangat tidak menarik.
– Setiap otot wajah Anda tegang, jadi kalaupun tertawa jadi terlihat canggung.
Ketika itu semua terjadi, jelas saja orang tidak memiliki impresi pertama yang menyenangkan tentang Anda. Jelas saja Anda jadi sulit untuk mengajaknya berbicara dengan santai. Nyaman melihat wajah Anda saja tidak, boro-boro jatuh cinta pada Anda.
Mulai sekarang cek kebiasaan Anda kalau sedang bergaul. Apakah Anda biasa tersenyum? Atau jangan-jangan Anda kebanyakan bertingkah datar kalem agar kelihatan cool? Sadarkah Anda bahwa orang-orang yang benar-benar cool justru malah tidak pernah bertingkah datar kalem? Mereka banyak menebar senyum, memberi senyum, dan berbagi senyum kepada semua orang.

39. Senyum Itu Menular

Saya ingin mengisahkan secara lengkap penelitian Professor Ulf Dimberg dari Uppsala University of Sweden. Ia menaruh mesin pendeteksi otot wajah pada 120 sukarelawan, lalu menampilkan puluhan foto wajah sedih dan marah. Mereka diinstruksikan secara audio untuk memasang wajah muram, senyum, atau datar sambil melihat foto-foto yang ditampilkan.
Kadang instruksinya serupa dengan foto yang muncul (berwajah senyum ketika muncul wajah senyum), kadang juga instruksinya berlawanan dengan foto (berwajah muram ketika muncul wajah senyum).
Hasilnya yang mengejutkan adalah para sukarelawan itu ternyata tidak memiliki kontrol penuh atas otot wajahnya. Ketika menghadapi instruksi yang berlawanan, mereka kerepotan untuk menggerakkan otot wajahnya sesuai dengan instruksi. Kalaupun bisa, ototnya tidak bergerak alamiah dan cenderung mengikuti apa yang mereka lihat di foto.
Dengan kata lain, mereka tertular untuk meniru apa yang dilihat, sekalipun otak logika mereka menyarankan sebaliknya. Professor Ruth Campbell dari University College London menyatakan adanya ‘mirror neuron’ di dalam otak manusia menyebabkan kita secara otomatis mengkopi apa yang kita lihat orang lain lakukan. Kadang kita bisa menahan diri, tapi tetap saja ada sebagian gerakan otot wajah yang tetap bergerak otomatis untuk mengikuti apa yang dilakukan orang lain.

40. Variasikan Senyum Anda!

Sampai saat ini kaum ilmuan telah mengklasifikasi bahwa ada lebih dari 50 jenis senyuman yang berbeda. Berikut adalah empat jenis senyum yang wajib Anda munculkan setiap kali berinteraksi dengan gebetan Anda:
  • Senyum bibir tertutup. Bibir Anda terkatup rapat menutupi gigi, melebar datar ke samping (tidak naik!). Ini adalah senyuman awal ketika saling menyapa pertama kali atau meladeni orang atas dasar kesopanan.
  • Senyum simpul. Sisi kanan bibir Anda ditarik berkerut ke atas, dan sisi kiri bibir Anda datar saja (atau sebaliknya). Karena ada dua emosi yang ditampilkan, ini adalah senyuman lucu bermakna ganda yang muncul ketika kamu iseng, menang, atau senang meledek seseorang.
  • Senyum malu. Bentuknya sama seperti senyum bibir tertutup, ditambah dengan kepala yang agak miring  menunduk atau mendongak dan mata yang sedikit menerawang. Senyuman ini cocok dipakai untuk menampilkan sisi rendah hati atau manusiawi, sangat memancing orang untuk merasa hangat dan simpatik untuk melindungi.
  • Senyum bibir terbuka. Bibir Anda bukan hanya melebar, tapi juga terbuka merekah, kedua sudut naik ke atas hingga menampilkan deretan gigi Anda. Ini adalah senyuman yang menampilkan diri Anda sebagai orang yang ceria, suka bermain-main, menyukai tantangan, dan juga sangat bersahabat.
Pria, Anda wajib berlatih tersenyum dengan benar seperti dijelaskan di atas karena biasanya yang Anda lakukan bukanlah senyum, melainkan cengegesan seperti kuda. Hal itu muncul karena Anda merasa grogi, tidak percaya diri.
Cengengesan, atau kadang disebut nyengir, adalah bentuk senyuman lebar yang menampakkan gigi dalam durasi
yang lama dan terjadi berkali-kali. Bayangkan saja orang yang bersuara,”Hehehehehehe!” Wanita, Anda wajib tiga kali lebih banyak tersenyum dibanding teman-teman wanita lain yang paling murah senyum. Itu adalah senjata sakti yang bisa ‘menjerat’ siapa saja yang melihatnya. Senyuman Anda adalah kosmetik alamiah terbaik yang tidak bisa digantikan oleh alat apapun.
Nah dari segudang jenis senyum, ada satu senyuman terbaik yang dinamakan duchenne smile, yaitu senyum yang menjalar hingga mata Anda jadi ikut tersenyum. Tipe senyuman ini otomatis muncul ketika seseorang merasa bahagia, puas dan tulus. Berikut adalah cara mempraktekkannya:
– Bibir Anda tertarik melebar ke samping, biasanya dengan posisi merekah terbuka,
– Pipi Anda menggembung terangkat ke atas, seperti mendorong kantung mata Anda,
– Kedua mata Anda seperti menyempit sampai muncul garis-garis di sudut luar kelopaknya.
Silakan coba dulu di depan kaca. Biasakan otot-otot wajah Anda untuk ringan memberi senyum. Lalu praktekkan hal-hal tersebut ketika sedang mendekati para gebetan Anda.

41. Sentuhan Yang Mengakrabkan

“Saya paling benci orang yang tangannya ramah alias rajin menjamah,” begitu kata kebanyakan wanita dengan wajah yang sangat serius. Mungkin itu yang membuat orang merasa segan jika harus banyak bertukar sentuhan saat berinteraksi satu sama lain.
Mereka takut dicap negatif oleh orang lain. Mereka takut membuat orang merasa tidak nyaman dengan sentuhannya. Mereka takut dianggap ganjen dan pervert.
Padahal realita berkata sebaliknya: sentuhan justru membangkitkan rasa nyaman.
Ketika kulit Anda disentuh oleh orang lain, tubuh Anda secara spontan menikmati kehangatan tersebut. Disentuh dan menyentuh adalah salah satu kebutuhan manusia semenjak lahir ke dunia ini. Bayi yang kurang mendapat sentuhan cenderung tumbuh menjadi pribadi yang kaku, sulit percaya orang lain, dan juga mudah terserang penyakit fisik.
Penelitian medis juga membuktikan bahwa ketika ketika berjabat tangan, debar jantung dan tekanan darah Anda cenderung menurun.
Alasannya menurut Matt Hertenstein, seorang psikolog di DePauw University of Indiana, adalah karena sentuhan fisik mengurangi hormon stress bernama cortisol.
Sentuhan yang tenang bersahabat secara otomatis mengusir rasa tegang atau stres dari tubuh, selain meningkatkan oxytocin yang membuat seseorang mudah merasa percaya pada orang lain. “Oxytocin is a neuropeptide, which basically promotes feel and bonding. So it really lays the biological foundation and structure for connecting to other people, “ kata Hertenstein.
Dalam bahasa sehari-hari, kita baru bisa merasa akrab kalau sudah bersentuhan dengan orang lain. Jadi saya sangat menganjurkan Anda untuk terbiasa bersentuhan dengan siapa saja, terutama dengan para gebetan Anda.
Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:
  • Lakukan sentuhan sedini mungkin. Jangan ditunda karena semakin Anda lama menunda, semakin terasa aneh ketika dilakukan. Bayangkan saja Anda sudah mengobrol dengan seseorang selama lima menit tanpa ada sentuhan apapun, lalu tiba-tiba dia menepuk pundak Anda. Mungkin itu tepukan yang masuk akal karena dia ingin menekankan sesuatu, tapi tetap saja rasanya canggung, ‘kan?
  • Lakukan sentuhan sealamiah mungkin. Hal paling sederhana yang wajib Anda lakukan setiap kali bertemu adalah berjabat tangan. Ini kontak fisik yang sangat alamiah, universal, dan bisa dilakukan pada orang yang sudah Anda kenal maupun belum kenal sama sekali.
  • Lakukan sentuhan sesantai mungkin. Santai berarti Anda tidak melakukannya dengan mendadak atau terburuburu. Sebelum terjadi sentuhan, biasanya tubuh Anda bergerak mengambil ancang-ancang terlebih dahulu. Pastikan gebetan Anda bisa menduga-duga apa yang hendak Anda lakukan agar dia tidak terkejut. Lalu ketika anggota tubuh Anda dan dia sudah saling kontak, tahan hingga paling lama tiga detik saja karena kalau lebih dari itu sentuhannya terasa sangat mencurigakan.
  • Lakukan sentuhan sebanyak mungkin. Ada banyak varian kontak fisik yang bisa Anda lakukan sepanjang berinteraksi dengannya, mulai dari sekedar toss, mendorong punggungnya dengan bercanda, menepuk bahu, menepuk kepala, memukul lengannya, dsb.

42. Bercinta Dengan Telapak Tangan

Saya perlu memisahkan ini menjadi satu pembahasan tersendiri karena jabat tangan itu pencipta impresi pertama yang sama persis seperti ketika pertama kali orang melihat Anda. Bedanya adalah jabat tangan dilakukan oleh indera perasa, bukannya indera penglihatan.
Dalam pertemuan bisnis, pandangan orang terhadap Anda sangat bergantung dari cara Anda berjabatan dengannya. Misalnya Anda akan dinilai sebagai orang yang grogian, kaku, minder, membosankan, agresif, menyenangkan, penuh petualangan, dsb.
Misalnya yang paling sering terjadi adalah Jabatan Tangan Ikan Mati, yaitu jabatan yang lemah, lemas, dan dingin karena Anda tidak benar-benar mengenggam tangan orang.
Atau satu lagi yang sering terjadi adalah jabatan Tangan Besi, dimana jabatannya terlalu keras sehingga menyakiti tangan lawan orang dan masih terasa bermenit-menit setelah dilepas.
Greg Stewart, seorang profesor di University of Iowa, menulis dalam Journal of Applied Psychology bahwa kita tidak secara sadar mengingat-ingat bagaimana jabatan tangan seseorang. Namun ketika kita merasakannya, otomatis timbul perasaan tertentu yang menilai kepribadian orang tersebut.
“Students who have good handshake were seen as having more extroverted personalities. But those whose handshakes were weak and wimpy generally seemed to have less gregarious personalities and were less impressive.”
Berikut adalah tips berjabatan yang positif dan maksimal:
• Sebuah jabat tangan yang baik dimulai dari posisi tubuh yang baik. Sebaiknya Anda berdiri berhadapan tegak lurus
wajah dengan wajah, tanpa ada sudut yang menyamping. Jika sebelumnya Anda dalam posisi menyamping, gerakkan tubuh Anda hingga berada tepat di depannya, ini menunjukkan Anda menghargai orang yang diajak berjabatan.  Jika Anda awalnya duduk, berdirilah sambil menyodorkan tangan Anda. Sembari menyodorkan tangan, ada baiknya Anda sejenak mencondongkan tubuh sedikit ke depan. Ketika orang menyambut tangan Anda, kembali luruskan  posisi tubuh Anda ke normal.
• Jaga agar mata Anda tetap menatap pada mata lawan bicara. Ada kecenderungan Anda ingin menunduk ke bawah
untuk memastikan tangan Anda pas bertemu dengan tangannya. Jangan lakukan hal itu! Tangan Anda tahu persis
harus bergerak ke mana dan bagaimana, jadi tidak perlu Anda amati. Melirik ke tangan ketika Anda berjabatan dengan wanita bisa membuatnya merasa tidak nyaman karena curiga Anda sedang melirik ke arah dadanya. Tips saya adalah perhatikan warna kornea mata lawan bicara Anda, itu akan membuat Anda terasa benar-benar berkonsentrasi padanya.
• Jangan lupa untuk tersenyum! Ini penting. Orang yang menyodorkan tangan untuk berjabatan tapi tanpa senyum
itu terasa jauh lebih buruk daripada orang yang menolak memberi jabat tangan sama sekali.
• Pastikan telapak Anda bertemu sepenuhnya dengan telapak lawan bicara. Ini biasanya ditandakan dengan area
antara ibu jari dan telunjuk Anda terhenti bertumpu pada area yang sama dari tangannya. Setelah itu terjadi, baru
jari-jari Anda dibengkokkan untuk menggenggam. Tidak perlu tenaga kuat untuk meremas karena yang penting
adalah genggaman mantap ketika seluruh kedua telapak tangan Anda dan dia terkunci secara baik.
• Setelah tangan terkunci, mulai gerakkan naik turun beberapa kali sambil mengucapkan sesuatu yang menyenangkan.  Anda bisa menceritakan sudah berapa lama tidak bertemu, atau memuji penampilannya yang terlihat berbeda, atau membahas sebuah kisah yang pernah Anda dengar tentangnya. Jabatan bisa jadi lama sekali tapi tetap terasa santai alamiah jika Anda selipkan pembicaran yang menarik. Saya biasa menahan hingga tiga detik sambil berbicara untuk menanamkan impresi lebih lama.
• Ini opsional, tapi saya pribadi kadang suka meletakkan tangan kiri saya di tangan yang sedang berjabatan. Ini akan membuat jabatan terasa lebih hangat dan personal, selain Anda juga jadi dianggap sangat bersahabat, terbuka terhadap orang lain.
• Kunci terpenting adalah fokus yang penuh pada orang yang diajak berjabatan. Jika Anda berjabatan sambil berpikir macam-macam, maka seluruh genggaman dan gerakan Anda jadi tidak nyaman. Anda lupa untuk tersenyum, lupa untuk berkomentar, lupa untuk mengayunkan lengan naik-turun, dsb.

43. Postur Wajib Diatur

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, apapun yang Anda rasakan bisa terbaca dan ‘transfer’ dirasakan oleh  orang lain. Jadi Karena cara Anda memposisikan tubuh sangat berpengaruh pada perasaan Anda, penting sekali untuk selalu memastikan posisi tubuh yang terbaik agar Anda juga benar-benar merasa nyaman dalam berinteraksi dengan gebetan.
Richard Petty, seorang profesor psikologi dari Ohio State University, menulis demikian dalam laporan penelitiannya di European Journal of Social Psychology, “People assume their confidence is coming from their own thoughts. They don’t realize their posture is affecting how much they believe in what they’re thinking.” 
Tarik pundak dan dada Anda agar terlihat tegak bidang. Orang yang membungkuk terlihat penyakitan, lemah, dan
bermasalah.
  • Bernafaslah dari diafragma atau perut karena ini adalah pernafasan yang paling menenangkan tubuh dan pikiran. Darimana Anda bernafas dengan perut? Pundak Anda tidak naik-turun ketika menarik dan menghembuskan nafas.
  • Semaksimal mungkin kurangi frekuensi membungkuk atau merendahkan tubuh Anda. Kalaupun harus membungkuk, gunakan itu untuk memberi penekanan dalam berbicara. Pastikan tubuh Anda terlihat lebar dan terbuka, khususnya pada pria. Wanita juga perlu lebar namun jaga agar
    tetap terlihat feminin.
  • Ketika mengobrol, pastikan Anda berjarak sekitar satu lengan darinya. Ini berarti Anda bisa dengan mudah menyentuh dirinya tanpa perlu melakukan gerakan yang besar.
Jarak yang terlalu jauh memberikan kesan Anda takut atau tidak tertarik, dan akibatnya dia juga merasakan hal
yang sama pada Anda.

44. Cinta Itu Seperti Cermin

Coba perhatikan pasangan yang sangat awet. Anda bisa mengetahui mereka benar-benar saling mencintai bukan karena mereka rajin bergandengan tangan, berciuman, kemana-mana berduaan atau sejenisnya.
Ada sesuatu yang sulit sekali dijelaskan secara gamblang. Seperti ada kesamaan, kemiripan di antara mereka, sekalipun mereka jelas adalah dua orang yang berbeda.
Dengan kata lain, mereka seperti cerminan satu sama lain. Mereka tetap memiliki kesukaan dan ketidaksukaan masing-masing, tapi Anda bisa merasakan ada beberapa hal dimana keduanya saling berbicara dan bertingkah dengan cara yang sama. Kadang terjadi dengan sengaja alias direncanakan, kadang juga terjadi dengan tidak sengaja sama sekali.
Itu adalah formula dari yang mengubah sekedar jatuh-doyan menjadi cinta: tampil serupa, seolah saling  merefleksikan satu sama lain.
Alasannya adalah kita selalu menyukai orang yang mirip dengan kita. Anda merasa lebih terhubung, akrab, hangat dan intim jika bersama dengan orang yang tampil serupa dengan Anda. Akibatnya banyak pernikahan terjadi antara dua orang yang memiliki kesamaan latar belakang, minat dan hobi, tingkat intelektual, etnis, religi, dan sebagainya. Ini terjadi secara otomatis di alam bawah sadar.
Keserupaan perilaku akan menciptakan keserupaan perasaan. Jadi kalau Anda merasa menyukai seseorang,  menyamakan perilaku dengannya bisa memicunya merasakan hal yang sama pada Anda.
Sama seperti para penonton di sebuah konser musik yang bernyanyi bersama menciptakan gelombang emosi yang sangat megah. Sebuah kencan makan malam yang ideal biasanya melibatkan lantunan latar belakang musik agar pasangan mengembangkan ‘frekuensi’ rasa yang serupa.
Itu sebabnya juga secara alamiah kita terbiasa untuk mencari-cari kesamaan setiap kali melakukan PDKT. Alam bawah sadar mengajarkan pada kita bahwa kemiripan bisa menciptakan daya tarik. Itu ada benarnya.
Istilah sehari-harinya, Anda mungkin pernah menyebutnya dengan, “Saya dan dia seperti terasa nyambung di frekuensi yang sama!” Sebuah hubungan cinta memang harus memiliki banyak kesamaan agar bisa bertahan selama mungkin.
Nah, gunakan pengetahuan ini lebih dari sekedar untuk mencari kesamaan, tapi juga untuk menciptakan kesamaan. Cepat atau lambat Anda dan dia akan memiliki kemiripan dalam berbahasa, bertingkah, bergerak, berpikir, dsb. Jika hal-hal itu Anda bisa percepat, maka interaksi Anda dan dia juga bisa berbuah menjadi cinta dalam waktu yang lebih cepat, bukan?
Dalam studi Neuro-Linguistic Programming, konsep yang akan saya ajarkan ini bernama Matching & Mirroring. Sederhananya adalah Anda meniru ekspresi komunikasi yang ditampilkan oleh lawan bicara Anda. Ini bukan trik manipulatif, melainkan sesuatu yang memang sudah Anda lakukan sedari kecil secara alamiah.
Bedanya adalah Anda lupa untuk melakukannya dalam konteks percintaan.
Berikut adalah dua hal yang bisa Anda lakukan:
  • Mengikuti: lakukan gerakan yang sama seperti yang gebetan Anda lakukan dalam jeda paling lama tiga detik. Misalnya ketika dia mengaduk minuman, hitung satu sama tiga di  dalam kepala Anda lalu aduk minuman Anda juga dengan santai. Tidak usah panik ketakutan dia akan menyadari. Sepanjang Anda santai dan memberi jeda secukupnya, dia tidak akan menyadari sama sekali apa yang Anda lakukan. Mengapa? Karena kita memang selalu melakukan hal tersebut secara otomatis dengan sahabat dekat kita. Jadi ketika dia melihat Anda melakukan hal tersebut, alam bawah sadarnya akan berkata, “Hei, dia mirip saya!” dan memicu pikirannya untuk merasa lebih terbuka dan akrab pada Anda.
  • Mencerminkan: Ini serupa dengan mengikuti, tapi Anda lakukan seolah menjadi cerminnya. Misalkan dia mengepalkan tangan kanan, Anda tiru dengan mengepalkan tangan kiri. Atau jika dia mengganti posisi duduk, Anda tiru juga mengganti posisi juga yang berlawanan arah dengannya. Karena tidak persis sama (bahkan berlawanan arah), maka Anda bisa melakukan hal ini pada saat yang bersamaan dengannya. Lagi-lagi tidak perlu takut untuk ketahuan karena ini memang hal alamiah yang terjadi setiap hari. Memang ada beberapa hal yang tidak bisa Anda tiru persis, seperti wanita yang memainkan rambut dengan jarinya. Sebagai pria, Anda bisa menirukan cerminan itu dengan mengetuk-ngetuk pipi Anda dengan jari. Ketika seseorang mendadak terbatuk, rasanya aneh jika Anda langsung terbatuk juga; jadi bisa Anda cerminkan dengan perilaku agak mirip, yaitu berdehem. Atau menggaruk kening, Anda bisa tiru cerminkan dengan menopang dagu. Perilakunya tidak perlu persis sama, yang penting adalah timing-nya nyaris bersamaan.
Semakin banyak Anda meniru vokal tubuhnya, semakin dia merasa tertarik secara magis, sekalipun mungin dia sendiri tidak begitu menyadarinya. Perhatikan bahasa tubuh gebetan Anda setelah beberapa menit melakukan matching & mirroring. Jika dia juga sesekali terlihat meniru gerakan Anda tanpa dia sadari, maka itu bukti bahwa Anda dan dia sudah berada dalam frekuensi yang sama.
Jean Decety, seorang ahli syaraf di University of Chicago, menyatakan, “When you’re being matched and mirrored in a good way, it communicates a kind of pleasure. A social high you’re getting from the other person. And I suspect it activates the areas of the brain involved in sensing reward.” Lawan bicara ‘melihat’ Anda seperti sebuah hadiah yang menyenangkan dan membuatnya bahagia.
Kalau Anda dianggap seperti sebuah kado, itu berarti dia sudah menyukai Anda, ‘kan?

45. Aplikasi Mirroring Tingkat Advanced

Seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya, matching and mirroring adalah meniru gerakan tubuh lawan bicara agar dia merasa kalian berdua serupa. Saya rajin melakukan hal tersebut ketika dahulu dengan siapa saja dan selalu terkagum-kagum dengan  efeknya.
Semakin banyak dipraktekkan, semakin lihai dan halus saya menirukan gerakan orang sehingga dia benar-benar merasa memiliki hubungan yang akrab dengan saya.
Tapi seiring perjalanan, saya tidak sengaja menemukan dua cara yang jauh lebih fenomenal dalam mengaplikasikan prinsip ini.
  1. Saya tidak meniru gerakan lawan bicara saya, melainkan meniru arti gerak yang dilakukannya. Karena ada jeda waktu tiga detik untuk meniru, saya bisa berpikir sejenak kira-kira alasan mengapa dia bergerak seperti itu.  Tidak perlu memusingkan tebakan Anda benar atau salah, yang penting Anda menirukan perkiraannya. Cara ini sangat baik karena bisa dilakukan terus-menerus di sepanjang interaksi, sementara mirroring yang tingkat dasar tidak boleh dilakukan kontinyu karena lawan bicara Anda bisa jadi jengah melihatnya. Contoh: Jika dia menggeser posisi duduknya ke arah kanan, kemungkinan itu artinya dia pegal duduk bertumpu di satu sisi. Jadi saya menggerakkan anggota tubuh saya yang manapun untuk menghilangkan rasa pegal di tubuh saya, misalnya mengibas-ngibaskan tangan atau kaki. Atau jika dia melipatkan tangan di dadanya, kemungkinan artinya dia sedang melindungi atau menahan diri, sehingga saya akan bergerak mundur atau menyamping untuk mengirimkan arti yang sama. Gerakan saya dan dia mungkin beda jauh, tapi artian yang disampaikan kurang lebih serupa.
  2. Daripada meniru gerakan satu per satu, saya meniru pola gerakannya yang lebih panjang. Contoh: ketika dia mengetuk-ngetukkan jari ke kepalanya, saya tidak langsung meniru gerakan tersebut. Saya menunggu sampai dia melakukan dua gerakan lagi setelah itu. Jadi saya bukan menunggu hingga tiga detik, tapi menunggu hingga ada tiga gerakan. Setelah itu barulah saya tiru atau cerminkan gerakan tersebut sesuai dengan urutannya. Karena mendapat respon yang positif dengan aplikasi tersebut, saya melakukan riset tentang mengapa hal itu bisa terjadi. Jawabannya ditemukan pada tulisan Kruck Grammer yang berjudul The Courtship DancePatterns of Nonverbal Synchronization in Opposite-Sex Encounters.  Beliau menjelaskan bahwa, “Contrary to many previous findings, attraction was predicted by patterns of long synchronisation and not simple mirroring of one body language. What emerged were rhythmic structures of movement synchrony – patterns of bodily movement people adopted.” Jadi meniru urutan bahasa tubuh itu seperti simfoni yang melantunkan nada-nada cinta. Ini alasan saintifik mengapa metode ini berhasil.
Terserah Anda ingin melakukan matching & mirroring versi yang biasa, ada versi tingkat lanjutan di atas. Saya pribadi menyarankan Anda untuk mencoba masing-masing seminggu, lalu tentukan mana yang paling efektif untuk Anda.

46. Mendengarkan > Berbicara

Keluhan banyak wanita adalah pria payah dalam mendengarkan, sementara keluhan banyak pria adalah wanita terlalu banyak berbicara. Itu buruk sekali karena kunci terpenting dalam cinta pada impresi pertama adalah membuat orang lain merasa terhubung secara instan.
Gebetan Anda tidak akan merasa terhubung, diterima, dimengerti jika Anda banyak berbicara. Gebetan baru merasa terhubung, diterima, dimengerti jika Anda banyak mendengarkan. Mengutip ucapan seorang filsuf bernama Paul Tillich, “The first duty of love is to listen.”
Karena Anda benar-benar mendengarkan, orang lain akan terkondisi untuk banyak berbicara. Dan uniknya, semakin banyak mereka berbicara tentang diri mereka, semakin mereka akan menyukai Anda. Ini adalah hal yang saya pelajari dari buku Dale Carnegie yang berjudul Six Ways to Make People Like You:
– Terlihat benar-benar tertarik pada orang tersebut.
– Rajin menebar senyum.
– Rajin memanggil nama orang tersebut.
– Mendengarkan sepenuh hati ketika orang tersebut membicarakan dirinya.
– Membicarakan hal-hal yang disukai orang tersebut.
– Memperhatikan bahasa tubuh orang tersebut agar ia merasa penting dan spesial.
Cara Anda mendengarkan dan menyimak dapat membuatnya lebih jatuh hati pada Anda dibandingkan puisi-puisi indah yang ada di dunia ini.
Jadi apa artinya mendengarkan sepenuh hati? Yaitu menyimak secara keseluruhan bahasa tubuh dari alwan bicara Anda. Jika hanya mendengarkan apa yang keluar dari mulutnya, maka Anda hanya akan memproses informasi verbal yang biasanya berbentuk pernyataan. Tapi jika menyimak gerakan tubuhnya, Anda bisa memproses informasi non-verbal berupa perasaan.
Banyak orang berusaha menunjukkan bahwa dirinya mendengarkan dengan mengulang kalimat yang disampaikan oleh lawan bicaranya. Jika Anda selama ini belum pernah melakukannya, silakan mulai berlatih dari sekarang. Misalnya dia berkata, “Rasa makanannya ngga enak!” Anda bisa jawab, “Engga enak?”
Tapi jika Anda ingin bisa mendengarkan sepenuh hati sehingga memberi efek positif ke alam bawah sadar gebetan Anda, silakan ikuti tips berikut ini:
  • Ketika dia sedang berbicara, tiru sebisa mungkin ekspresi wajah yang dilakukannya. Ada dua hal yang terjadi ketika Anda melakukan hal ini. Anda jadi bisa merasakan apapun yang sedang dia rasakan karena adanya mirror neurons di otak Anda.
  • Lihat lawan bicara Anda tepat tulang hidung antara kedua mata. Ini membuatnya merasa Anda sedang melihat
    jauh ke dalam pikirannya. Beberapa malah merasa seperti Anda sedang memperhatikan jiwanya!
  • Jika ucapannya terputus karena mencari pernyataan yang tepat, turunkan sedikit sudut kepala Anda agar Anda jadi melihatnya dengan kelopak mata yang terbuka lebar dan bola agak mendelik ke atas.
  • Ketika dia menyampaikan kalimat yang menarik atau bermakna, beri respon dengan jentikan jari, mengernyitkan dahi, meninggikan alis, atau tersenyum tanpa suara.
  • Berikan tanda bahwa Anda mengikuti apa yang dia sampaikan dengan anggukan kepala atau ucapan, “Oke,” “Uh huh,” “Terus,” dsb.
  • Usahakan Anda bernafas sesuai dengan ritme nafas lawan bicara Anda.
  • Di momen-momen tertentu, perlambat ritme Anda menarik nafas. Bahkan kalau perlu tahan sekitar 5-10 detik, lalu tarik nafas dengan panjang lewat hidung dengan suara yang agak keras sambil tetap menjaga tatapan mata dengannya.
  • Ucapkan kembali beberapa hal yang dia sampaikan dengan bahasa Anda sendiri. Ini bisa disebut sebagai obrolan rangkuman. Anda tidak perlu menambah opini atau informasi baru dalam ucapan itu,
  • Hindari mengobrol tanya-jawab. Anda tidak harus selalu memberi solusi pada pertanyaan orang. Biasakan dirimenjawab dengan respon yang tidak membahas konten yang dia bicarakan, melainkan mengomentari nilai emosi ucapannya. Misalnya dia bilang, “Kenapa sih orangtua bisa jadi keras kepala begitu, padahal mereka lebih dewasa daripada kita?” Anda bisa jawab, “Sepertinya kamu kesal sekali diperlakukan seperti itu.”

47. Vokalisasi Tubuh Ketika Jatuh Cinta

Menurut saya, cinta tidak perlu diamati-amati. Saat hati Anda dan dia sudah terhubung dengan frekuensi yang baik, maka pasti kalian bisa merasakannya dengan jelas. Toh kalaupun Anda tidak merasakan, akan ada orang lain bisa mengamati dan memberitahu Anda. Saya selalu anjurkan Anda PDKT tidak hanya berduaan saja, tapi melibatkan teman-teman Anda dan teman-temannya.
Mereka akan jadi ‘pengawas’ yang memberikan evaluasi interaksi kalian berdua. Dengan bantuan mereka, Anda bisa menilai sendiri seberapa jauh Anda dan gebetan sudah saling tertarik satu sama lain.
Marcelina Hardy, penulis Body Languages When Falling in Love, mengelompokkan lima pola yang biasanya terjadi dalam PDKT secara universal di seluruh dunia. Tubuh Anda berdua kompak melakukan hal-hal berikut ini tanpa ada yang mengajari:
  • Berkurang atau hilangnya jarak personal. Ketika duduk, kalian selalu mencari cara untuk berdekatan. Ketika jalan, kalian seperti terikat oleh rantai atau saling mengikuti satu sama lain. Misalkan Anda mengajaknya bergaul dengan teman-teman Anda, dia terlihat nyaman untuk selalu bersama-sama dengan Anda.
  • Mudah tersenyum/tertawa dengan durasi yang lebih lama. Ketika gebetan Anda mudah tersenyum, atau bahkan tertawa, maka itu adalah tanda bahwa dia benar-benar merasakan sesuatu yang spesial dengan Anda. Perhatikan durasi senyumnya yang cenderung lebih lama daripada  ketika dia tersenyum pada orang lain.
  • Banyak kontak fisik. Ketika berbicara, apakah dia banyak menyentuh Anda? Apakah dia membalas ketika Anda menyentuhnya? Apakah Anda memiliki ritual ketika bertemu, misalnya pelukan tertentu atau jabatan tertentu? Cinta selalu membuat kedua pihak haus menyatakan keakraban dalam bentuk fisik.
  • Sering menatap dan melirik. Cinta juga membuat orang sulit untuk berkonsentrasi pada hal-hal lain, sehingga Anda atau dia selalu ingin melirik satu sama lain. Jika ditanya alasan mengapa menatap seperti itu, Anda atau dia mungkin menjawab, “Tidak ada apa-apa,” sambil tersenyum penuh arti.
  • Kesamaan vokalisasi tubuh. Anda dan dia semakin lama semakin mirip dalam berperilaku dan berbahasa. Anda mengadopsi gayanya, dia mengadopsi gaya Anda. Berdasarkan pengalaman saya, pola-pola di atas bisa terjadi setelah dua insan saling jatuh cinta, bisa juga terjadi sebagai pemicu dua insan untuk saling cinta. Seandainya terjadi secara alamiah, bagus. Namun jika belum terjadi, maka saya sarankan Anda untuk memancingnya agar terjadi. Jaman sekarang Anda perlu jadi pihak yang aktif dalam menjemput bola. Jangan hanya berharap dan menunggu saja!


BAGIAN IV:
Verbal Impression


48. Human Secret #3: People Want Improvements


Terserah mau Anda akui atau tidak, manusia itu makhluk yang sangat perhitungan. Salah satu penelitian terbaru lainnya dari para ahli di Harvard menemukan efek impresi terjadi di dua area otak.

Pertama, terjadi di amygdala, yaitu bagian tengah otak yang mengatur hal-hal yang bersifat emosi. Kedua, di bagian posterior cingulate cortext, yaitu bagian otak yang mengatur hal yang bersifat perhitungan nilai dan keuntungan ekonomis.

Ini adalah landasan ketiga yang memungkinkan terjadi cinta pada pandangan pertama, yakni impresi tentang nilai.

Ketiga prinsip impresi yang telah Anda baca dari halaman pertama ini bukanlah proses linear. Gebetan Anda tidak tertarik secara visual dulu, disusul non-verbal, lalu verbal. Melainkan ketiganya terjadi bersamaan, saling tumpang tindih dan mempengaruhi satu sama lain.

Alam bawah sadar selalu haus akan peningkatan. Itu sebabnya kita senantiasa berhitung apakah orang yang sedang kita temui itu terlihat memiliki nilai lebih dibandingkan kita. Jika ya, kita lanjut memperkirakan apakah interaksi dengannya bisa memberikan berbagai macam keuntungan kepada kita; keuntungan itu bisa berbeda-beda bagi setiap orang: keuntungan emosional, intelektual, status, finansial, dsb.

Jika jawabannya masih ya, maka kita semakin menyukai dan menginginkan orang tersebut. Kita menginginkan hal yang kita tidak miliki. Kita ingin terus meningkat. Lebih dan lebih dan lebih. Nilai orang lain membuat kita tergoda menginginkannya. Semakin kita menginginkannya, semakin tinggi kadar rasa sukanya sampai suatu saat berubah ke rasa cinta.

Nah saya yakin Anda sudah tahu semua seluk beluk perilaku yang membuat gebetan menginginkan Anda. Tapi mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, “Oke, Lex, semua ini tentang apa yang harus saya sampaikan dengan tubuh saya. Tapi terus saya perlu bicara apa dengan mulut saya?”

Jawaban saya: terserah. Apa saja :-). Karena setelah seseorang sudah jatuh doyan pada Anda, apapun yang Anda ucapkan biasanya tidak bisa merusak kedoyanannya itu. Jadi saya membebaskan Anda untuk kreatif berbicara apapun yang biasa Anda bicarakan ketika melakukan PDKT.

Cuma pastikan ucapan Anda itu tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip e-book ini. Misalnya jika Anda sudah repot-repot melatih diri tampil percaya diri, maka jangan rusak itu dengan bercerita hal-hal yang mempermalukan diri. Sekalipun saya yakin kalaupun itu terjadi, kemungkinan besar gebetan Anda akan makin jatuh doyan terhadap Anda.

Dan sekedar demi kelengkapan pengetahuan Anda, bab terakhir ini akan memberi Anda sejumlah ide tentang hal-hal yang bernilai yang cocok diucapkan dalam interaksi.


Dalam bab terakhir ini, saya akan membagikan sisa-sisa rahasia yang bisa meningkatkan nilai Anda secara verbal di mata gebetan Anda. Kalau ada bagian yang Anda sulit pahami, silakan tinggalkan e-book ini beberapa jam lalu baca lagi bagian tersebut dengan perlahan-lahan.

49. Gombal Diperbolehkan, Asalkan..

Kalau menurut orangtua, cinta itu harus tumbuh pelan-pelan. Mengutip kata ibunda Rika, kekasih saya pada jaman SMA, “Cinta itu lembut dan sopan, bukannya nafsu yang gampang muncul begitu aja!” Jadi asumsi kebanyakan orangtua, sesuatu yang gampang muncul, pasti gampang juga hilangnya.

Istilahnya meledak manis bercinta-cintaan di awal itu bisa cepat habis dan hilang, tidak sempat bertumbuh jadi cinta yang sejati.

Itu sebabnya kita suka sensitif merinding kalau dengar kalimat rayuan norak. Biasanya terjadi karena seseorang membujuk kita untuk mencintainya, padahal kita tidak doyan padanya. Gombalan baru bisa efektif jika memang sudah ada bibit-bibit cinta yang ditanamkan dari first impressions.

Bila impresi pertama Anda sudah menarik hatinya, maka cinta akan tumbuh dengan wajar dan begitu saja. Tanpa perlu dipancing-pancing. Tidak manipulatif. Tidak terjadi secara sadar. Pokoknya alamiah begitu saja, persis seperti yang banyak wanita sering bilang.

Jika Anda ingin mempercepat proses, Anda bisa membubuhi PDKT dengan kata-kata manis dan puitis secukupnya. Pada jaman orangtua kita, gombalisasi terjadi sebelum dia menyukai kita. Malah pada saat itu gombalisme sering membuat PDKT jadi runyam.

Makanya orangtua pasti pernah berkomentar pada anak gadisnya agar tidak mudah percaya dengan kata-kata gombal. “Anak-anak jaman sekarang makin gombal kata-katanya. Jangan mau dirayu, itu nafsu.. itu cinta palsu!” demikian lanjut ibunda Rika. Saya yakin banyak ibunda-ibunda lainnya juga mengatakan hal yang sama.

Menurut saya gombal dan kata-kata manis itu sah dan produktif.. asal dilakukan setelah terbukti dia menyukai Anda.

BAGIAN IV:
Verbal Impression

50. Seni Komplimen

Tidak tahu bagaimana dengan Anda, tapi saya punya aturan tersendiri dalam memberi komplimen atau pujian: beralasan. Ini sudah jadi kebiasaan saya semenjak kecil karena saya malas mengeluarkan komentar jika hanya bertujuan untuk membesarkan hati orang.
Yang saya maksud dengan pujian beralasan adalah saya tidak memberi komplimen yang semerta-merta untuk menyanjung seperti, “Kamu cantik,” atau “Suara kamu bagus.” Saya percaya setiap orang perlu diapresiasi sesuai dengan kemampuan dan perilakunya.
Jadi kalau dalam versi saya, dua komplimen tadi akan berbunyi, “Kamu cantik, karena memilih warna yang sesuai dengan kulit kamu,” dan “Suara kamu bagus, karena tadi saya sampai terenyuh dengar kamu menyanyikan lagu itu.”
Anda tidak perlu selalu menggunakan ‘karena’, kadang langsung saja seperti, “Wah masakannya enak banget.. dagingnya bisa empuk sampai masuk gurihnya!” Yang penting Anda memberi deskripsi alasan yang jelas mengapa Anda memberi pujian seperti itu.
Inilah yang menyebabkan wanita cenderung mudah menempel pada saya. Mereka tidak merasa saya mengada-ngada atau berlebihan dalam memuji. Sewaktu kecil dahulu saya tidak mengerti alasannya, namun kini paham akan berbagai efek positif yang disampaikan oleh pujian beralasan ini:
  • Pertama, sebagaimana pujian pada normalnya, orang yang menerima pujian akan merasa senang atau bahagia.
  • Kedua, orang yang menerima pujian benar-benar tahu secara spesifik mengapa dia mendapatkan komplimen. Artinya dia tahu bahwa Anda bukan sekedar basa-basi atau bermulut manis saja.
  • Ketiga, komplimen Anda dijamin tidak akan terlupa begitu saja, melainkan jadi pengingat (reminder) yang membanggakan  baginya untuk dipertahankan itu di masa depan.
  • Keempat, pujian beralasan itu mempermudahnya untuk mengetahui apa yang Anda suka. Artinya dia bisa tinggal mengulangi hal spesifik yang Anda puji itu jika ingin menyenangkan hati Anda pada pertemuan berikutnya.
  • Kelima, komplimen Anda terasa sangat berbeda dibandingkan kebanyakan orang lainnya. Anda terlihat, terdengar, dan terasa unik.
Silakan berlatih dengan sebanyak mungkin menyampaikan pujian beralasan ini kepada sahabat Anda. Supaya ketika nanti berhadapan dengan gebetan, Anda sudah terbiasa melakukannya.

51. Di Doa Ibuku, Namaku Disebut

Ini adalah sebuah jurus rahasia yang sebelumnya saya hanya ajarkan dalam kelas pelatihan Mind Control. Nama seseorang adalah kata yang paling penting, bermakna, dan emosional bagi orang tersebut.
Bayangkan saja, nama Anda adalah kata paling pertama yang sering disebut semenjak Anda lahir. Seiring pertumbuhan, orangtua Anda berkali-kali memanggil nama itu dalam berbagai konteks; sebagian memanggil dengan sayang, sebagian dengan kesal, sebagian dengan memerintah, sebagian dengan memohon.
Jadi Anda sudah terbiasa mengasosiasikan nama itu dengan diucapkan dengan orangtua Anda. Dalam istilah studi Neuro-Linguistic Programming, nama Anda menjadi sebuah anchor emosional untuk hubungan orangtua-anak. Ketika seseorang memanggil nama Anda sebagaimana orangtua memanggil, maka emosi Anda terpicu seperti sedang dipanggil oleh orangtua.
Kondisi keluarga memang berbeda-beda, tapi biasanya setiap orang lebih banyak menyimpan emosi positif tentang keluarga, seperti kehangatan, keakraban, dan respek. Itu sebabnya saya selalu memanggil setiap orang dengan namanya, bukan dengan sapaan ‘Pak, Bu, Mas, Kak,’ dan sebagainya. Panggilan nama itu otomatis menghadirkan rasa hangat, akrab, dan respek secara instan ke dalam hubungan saya dan mereka.
Dalam PDKT, saya biasa mengaplikasikan ini dengan cara memanggil nama kecilnya. Sebelumnya saya bertanya tentang bagaimana cara orangtua memanggilnya di rumah. Jika dia memberitahu, saya akan menggunakan nama itu untuk memanggilnya; jika dia belum mau memberitahu, saya akan memanggilnya dengan nama depannya, bukan nama kependekan atau nama panggilan.
Tentu Anda tetap bisa menggunakan kata pengganti ‘kamu/elo’ dalam berinteraksi, tapi ingat untuk sesekali menggunakan dengan panggilan namanya agar bisa mengakses berbagai emosi positif yang membuatnya lebih akrab dengan Anda.

BAGIAN IV:
Verbal Impression


52. Bercerita Dengan Prinsip Cermin

Cara Anda melihat orang lain akan mempengaruhi persepsi orang tentang diri Anda. Misalnya jika Anda terbiasa mengisahkan teman-teman Anda yang positif, maka Anda akan dianggap sebagai pribadi yang bahagia, lembut hati, dan penyayang. Itu adalah hasil penelitian Dustin Wood, seorang profesor psikologi di Wake
Forest University.
“Seeing others positively reveals our own positive traits. And how positively you see other people shows how satisfied you are with your own life, and how much you are liked by others. The simple tendency to see people negatively indicates a greater likelihood of depression and various personality disorders,” demikian tulisnya dalam publikasi Journal of Personality and Social Psychology.
Bagaimana mengaplikasikan hal tersebut dalam PDKT? Daripada bercerita tentang betapa positif dan kerennya diri Anda, ubah jadi kebiasaan bercerita betapa positif dan kerennya temanteman Anda.
Cara ini memiliki tiga keuntungan:
  • Anda bisa terhindar dari kesan sombong angkuh, karena Anda sama sekali tidak sedang berbicara tentang diri
    sendiri.
  • Anda dianggap sama kerennya dengan orang-orang keren yang Anda ceritakan. Karena Anda punya banyak kisah seperti itu, Anda pasti akrab dengan mereka. Hanya orang keren yang bisa akrab dengan orang keren. Itu adalah penilaian alam bawah sadar terjadi instan. Ini prinsip cermin. Anda bisa berbicara banyak sekali kesana-kemari tanpa terlalu mengumbar tentang siapa diri Anda. Gebetan Anda merasa seperti sudah mengenal Anda, tapi sebenarnya belum tahu terlalu banyak. Rasa penasaran adalah bahan bakar yang diperlukan untuk memulai sebuah hubungan cinta.

53. Menyatakan Ketertarikan Itu Menarik

Sebagai seorang konselor bidang cinta dan pengembangan diri, saya selalu dihujani klien yang sering bertanya-tanya bagaimana agar dirinya bisa menarik dan disukai orang. Sepertinya banyak orang merasa tidak yakin bahwa dirinya menarik.
Mereka sangat haus untuk bisa diterima, diakui, bahkan disukai oleh orang lain. Rata-rata mengeluh, “Kalau ada orang yang bisa benar-benar menyukai saya, saya pasti akan menyukai dan menjaga orang itu!”
Berdasarkan hal tersebut, saya berani memformulakan bahwa jika Anda bisa membuat orang lain merasa dirinya disukai, maka ia pasti akan otomatis menyukai Anda juga. Kebutuhan untuk disukai itu membuat kita jadi sangat menghargai orang-orang yang melakukannya pada kita.
Jadi daripada berusaha membuatnya tertarik, jauh lebih mudah jika Anda berfokus pada ekspresi bahasa tubuh yang menunjukkan bahwa Anda tertarik padanya. Dalam studi kejiwaan, ini disebut dengan istilah reciprocal liking sebagaimana diteliti oleh Berscheid & Walster dalam publikasinya yang berjudul Attraction and Interpersonal Relationships.
Kalau Anda tidak percaya, saya kutip sebagian hasilnya di sini, “If you believe another person likes you, you will like him or her. We all like sincere use of non-verbal signals that indicate other people like us. It is precisely liking, the one that sets in motion the creation of a relationship (in the case of romantic relationships, this plays along with physical attraction).”
Orang merasa dirinya lebih baik ketika tahu bahwa Anda menyukainya. Karena rasa nikmat tersebut terpicu ketika berinteraksi dengan Anda, maka ia jadi tertarik pada pribadi Anda.
Dan untuk semakin memaksimalkan efek reciprocal liking ini, Anda perlu menuruti apa yang dilakukan oleh University of Winconsin.
Mereka meriset hal-hal yang bisa dilakukan untuk membuat seseorang merasa menarik, dan sampai pada dua tindakan sebagai berikut:
  • Mengekpresikan pada orang lain bahwa Anda menyukainya.
  • Menunjukkan Anda selektif, tidak sembarang suka orang dengan mudah.
Salah satu contoh adalah Anda mengajak gebetan untuk sebuah kencan santai bersama dengan gabungan Anda dan sahabatnya.
Cukup mengajak jalan saja sudah sebuah ekspresi bahwa Anda menyukainya, jadi tidak perlu ditambah dengan ucapan apa-apa.
Dan ketika di perjalanan kencan, Anda bisa menambahkan komentar, “Saya jarang mengajak orang baru bertemu dengan teman-teman saya, kecuali saya memang tertarik karena orang itu unik.”

BAGIAN IV:
Verbal Impression

54. Lidah Cermin

Ini adalah tips ajaib lainnya yang sangat mudah dilakukan. Setiap manusia memiliki gaya bahasa yang unik. Anda pasti mempunyai beberapa kata atau frase yang sering digunakan dalam percakapan. Misalnya saya sering menggunakan kata, “Daleeem!” ketika seseorang menyatakan sesuatu yang rasanya keren. Atau teman saya suka sekali menyebut, “Ancur banget!” di tengah-tengah tawanya.
Untuk memainkan Lidah Cermin, Anda perlu menyimak lawan bicara apakah dia ada memiliki ucapan yang:
  • sering disebut berulang-ulang?
  • berbahasa asing?
  • berbahasa gaul atau prokem?
  • unik aksen atau pelafalannya?
  • diberi penekanan nada tertentu?
Itu sebabnya saya tekankan tadi bahwa Anda perlu berlatih mendengarkan. Ketika Anda mendengar ucapan-ucapan yang seperti itu, ingat baik-baik semuanya. Kalau perlu Anda catat di handphone supaya tidak ada yang terlupa.
Karena nanti ketika tiba giliran Anda berbicara, Anda perlu menggunakan kata-kata yang sudah didaftarkan tadi. Selipkan di sana-sini, sambil tetap menjaga agar tidak terlalu menarik perhatiannya.
Saran saya juga sebaiknya ada jeda waktu yang cukup lama antara waktu lawan bicara menggunakan ucapan itu dan waktu Anda menggunakannya.
Efek dari Lidah Cermin ini masih terkait dengan prinsip dasar bahwa manusia menyenangi orang yang mirip  dengannya. Keserupaan-keserupaan seperti ini akan meningkatkan ketertarikan alam bawah sadarnya pada Anda.

55. Suaramu, Harimaumu!

Dulu saya punya pengalaman kurang menyenangkan dengan suara saya. Semenjak SD hingga usia kuliah, jika saya mengangkat telepon rumah, orang di ujung sana selalu menyapa dengan, “Selamat siang, bu..” Itu terus berlanjut sampai saya membaca di sebuah buku bahwa suara yang kita miliki sebenarnya tidak terjadi alamiah seperti itu.
Jadi saya belajar mengubahnya pelan-pelan sampai akhirnya jadi seperti yang sekarang.
Nah, suara yang Anda miliki adalah suara yang Anda latih tanpa disadari selama bertahun-tahun semenjak kecil dahulu. Anda bisa saja menirunya dari kebiasaan keluarga Anda berbicara. Anda bisa juga menirunya dari tokoh yang sangat berpengaruh dalam hidup Anda.
Intinya, suara Anda sekarang belum tentu suara terbaik yang bisa Anda miliki.
Padahal menurut penelitian Dr. Susan Hughes dari Poughkeepsie Vassar College, kualitas suara seseorang terhubung dengan tingkat kemenarikannya di mata orang lain.
Secara umum pria terlihat lebih menarik dengan suara yang berat dan rendah, sementara wanita persis kebalikannya. Memang selalu ada pengecualian, tapi lebih banyak orang yang mengikuti rumus populer itu.
Jadi seperti apakah kualitas suara yang menarik dan atraktif itu?
  • Carilah frekuensi dan pitch terbaik untuk Anda. Mulai dari menarik nafas sedalam mungkin sampai perut Anda membesar. Setelah paru-paru terisi penuh, buka mulut Anda mengatakan, “Hmmmm!” pada nada normal. Teruskan bergumam sambil perlahan-lahan menurunkan nada suara Anda, mencari nada yang paling menciptakan getaran di seluruh tubuh Anda. Itu adalah frekuensi terbaik yang seharusnya Anda pakai; para ilmuan menyebutnya Sympathetic Frequency karena bisa membuat orang lain merasa nyaman.
  • Beri fluktuasi sesuai dengan emosi pesan yang Anda ingin sampaikan. Jika Anda berkisah tentang pengalaman yang menakutkan, tunjukkan rasa takut itu dalam suara Anda. Kata-kata Anda adalah lirik, sedangkan suara Anda adalah melodi musiknya.
  • Berbicaralah dengan nafas dari diafragma. Ini artinya suara Anda terasa bergema di dada Anda, bukannya di kepala atau hidung.
  • Biasakan suara Anda bertempo lambat. Normalnya kita memiliki kecepatan yang terlalu tinggi, dan itu jadi semakin lebih tinggi lagi ketika berbicara dengan orang yang kita sukai karena merasa grogi. Berbicara lambat juga menunjukkan Anda tenang, berwibawa, dan percaya diri. Itu adalah tiga elemen yang penting dalam tampil menggoda.
  • Perhatikan postur pundak Anda. Jika pundak Anda terangkat naik, maka suara Anda tidak keluar maksimal. Biarkan kedua bahu turun lepas santai, maka suara Anda terdengar santai dan menyenangkan.
  • Menurut David Feinberg, seorang psikolog Harvard University, pria menyukai suara wanita yang tinggi namun wajib agak basah dan dibarengi suara nafas. Jika kering dan minim nafas, nada tinggi seorang wanita malah terdengar melengking menyakitkan telinga. Sementara jika rutin berolahraga, pria akan memiliki banyak testosteron yang mempengaruhi perkembangan pita suaranya sehingga bergetar dengan lebih berat dan besar.

BAGIAN IV:
Verbal Impression

56. Perbedaan Itu Seksi

Jika di bab sebelumnya Anda diminta untuk membuatnya merasa serupa dengan Anda, maka itu harus diseimbangkan dengan memberi penekanan bahwa Anda juga sangat berbeda dengannya.
Kebanyakan orang sibuk untuk terus menyama-nyamakan sampai akhirnya gebetan merasa tidak nyaman. Pertama karena ia bisa merasa ada kejanggalan atau motif tertentu. Kedua karena dia merasa dirinya tidak lagi unik, ada orang yang sangat mirip dengannya.
Impresi yang seharusnya gebetan Anda dapatkan ketika Anda bercerita adalah, “Eh, dia kok punya kemiripan ya dengan saya? Gaya dan pengalaman kita hampir sama, tapi entah kenapa dia terasa lebih keren..”
Setiap kali Anda mengutarakan ada kemiripan dengannya, selalu sisipkan satu dua hal yang cukup membedakan. Agar lebih optimal, pastikan perbedaan-perbedaan itu:
  • Bernilai positif.
  • Tidak mengganggu imej Anda sebagai orang yang percaya diri.
  • Kalau bisa persis berlawanan dengan sang gebetan.
Contohnya adalah kencan saya tadi malam. Setelah mengobrol ngalor-ngidul kemana-mana, ternyata saya dan gebetan sama-sama suka jus melon. Di akhir perbincangan tentang minuman, saya menambahkan, “Tapi saya tidak suka yang rasanya manis, apalagi kalau ditambah gula!” karena di pembicaraan sebelumnya saya ingat dia pernah bilang suka segala sesuatu yang manis.
Serupa tapi tak sama. Ini penting sekali. Kalau Anda dan dia persis sama, itu terasa membosankan. Justru perbedaan yang menciptakan adanya tegangan cinta di antara kalian berdua.
Saya sangat melarang Anda berbohong ketika melakukan tips ini. Setiap manusia itu unik dan pasti ada segudang perbedaannya, jadi Anda tidak perlu mengada-ada.

57. Basa-Basi Yang Tidak Basi

Bahasa Inggrisnya adalah small talks, yakni obrolan kecil yang dipakai sebagai pembuka pembicaraan atau transisi dari satu topik ke topik lain. Berikut adalah hal-hal yang biasa orang gunakan sebagai materi basa-basi:
  • Bertanya tentang kesibukan, keluarga, dan hobinya.
  • Bertanya komentarnya tentang berita yang uptodate saat itu.
  • Mengomentari perbedaan dalam penampilannya.
  • Bertanya tentang pengalamannya menonton film atau konser tertentu.
  • Membicarakan tentang orang ketiga yang kalian berdua kenal.
  • Bertanya tentang kabar orang yang dahulu mengenalkan kalian berdua.
  • Membicarakan hal yang Anda lihat di lingkungan tempat mengobrol.
Tapi jujur saja, saya pribadi tidak suka dengan basa-basi ketika bergaul. Rasanya kering dan palsu jika saya harus bertanya, “Hei, apa kabarmu?” Masalahnya kita kadang memang perlu obrolan ringan seperti itu untuk mencairkan suasana ketika baru pertama kali bertemu dengan gebetan. Kita tidak bisa langsung mengobrol hal-hal yang pribadi atau terlalu dalam.
Jadi saya berusaha menciptakan suatu cara untuk mengurangi kebasian basa-basi itu. Saya menyadari bahwa obrolan basa-basi menjadi basi karena tidak adanya emosi dan presisi. Contohnya pertanyaan, “Apa kabar?” itu terlalu umum. Jawaban orang hanya terbatas pada pertukaran informasi yang umum-umum saja. Dia pun membalasnya dengan malas asal-asalan.
Padahal yang membuat obrolan menyenangkan adalah jika ada emosi di dalamnya. Jadi pertanyaan itu jauh lebih baik jika dimodifikasi jadi, “Bagaimana cerita di kantor baru? Lebih baik atau sama saja? Kerjaannya tidak amburadul menyebalkan kayak kemarin ‘kan?” Perubahan sesederhana itu bisa menciptakan perbedaan energi
respon dari lawan bicara Anda. Malah biasanya dalam pengalaman saya, topik basa-basi itu akan dengan cepat berubah jadi obrolan yang panjang dan menarik.
Bukan sekedar ice-breaker atau selingan biasa saja. Jika pertanyaannya pendek dan tidak terarah, lawan bicara Anda juga merasa bingung. Ibaratnya seperti Anda ditanya, “Mau makan apa?” di tengah-tengah foodcourt yang luas. Anda bisa saja menjawab, tapi cenderung lambat dan sungkan karena terlalu banyak yang harus dipikirkan.
Mulai sekarang, jika Anda ingin berbasa-basi silakan memilih topik manapun yang sudah saya daftarkan di atas. Tapi Anda wajib ingat untuk menyampaikannya secara spesifik atau terarah agar obrolan Anda dan dia tidak terasa datar dan basi begitu saja.

BAGIAN IV:
Verbal Impression

58. Perhatian: Jangan Berharap Kesempatan Kedua

Sekali saja Anda dianggap tidak impresif, hilanglah kesempatan Anda untuk menjalin hubungan cinta dengan gebetan Anda di masa depan. Penilaian impresi pertama itu nyaris permanen efeknya. Kata banyak pakar biologi dan psikologi, sebenarnya itu bisa saja hilang jika seseorang diberi kesempatan kedua untuk memperbaikinya.
Tapi ayo kita jujur, ada berapa banyak orang yang cukup baik hati bersedia memberi kesempatan kedua? Untuk urusan studi dan karir sehari-hari saja tidak banyak, apalagi dalam hal-hal cinta. Coba ingat-ingat pengalaman  DKT Anda selama bertahun-tahun ini. Seberapa sering Anda diberi kesempatan untuk mengulang kembali dengan lebih baik? Wendy, Farah, Karin, Putri, dan banyak gebetan saya lainnya ketika jaman kuliah dahulu minim sekali memberikan kesempatan kedua. Saya yakin gebetan-gebetan Anda juga bersikap sama.
Bukan soal layak atau tidak, tapi memang karena manusia malas untuk memberikan hal tersebut. Jika Anda kebetulan diberi kesempatan kedua, berarti sebenarnya dia sudah sedikit tertarik pada Anda.
Alias impresi pertamanya cukup bagus, jadi Anda diberi kesempatan untuk meningkatkannya. Catat: sulit sekali dapat kesempatan kedua untuk menciptakan impresi pertama!

59. Oke, Kini Panah Cupid Di Tangan Anda!

Kalau menurut legendanya, cinta terjadi ketika Cupid menembak anak panah dari busur asmaranya. Setelah tertusuk, dua orang yang mungkin awalnya saling tidak mengenal, bisa tiba-tiba jatuh hati ketika menatap satu sama lain. Kadang bisa juga antara sahabat yang sudah saling kenal lama, tapi mendadak karena sebuah pertemuan tertentu, jadi timbul satu perasaan lebih yang sulit dijelaskan.
Dahulu Yulia, salah satu kekasih saya pada jaman SMP, merangkum pengalaman cinta pada pandangan pertamanya pada saya seperti ini, “Jantung saya berdebar-debar, lebih keras dan lebih cepat daripada normalnya.
Kadang saya merasa dada seperti tertekan atau tertusuk. Ritme nafas saya yang jadi agak terganggu setiap kali memandangi atau memikirkan kamu. Selama beberapa kali dalam sehari, saya mudah terbayang-bayang kembali tentang pertemuan pertama dengan kamu.”
Nah, e-book singkat ini sudah memberikan Anda banyak anak panah Cupid untuk ditembakkan pada siapa saja agar dia jatuh doyan pada Anda dibawah tujuh detik. Pahami prinsipnya, ikuti tipsnya, dan Anda dijamin akan mendengar testimoni-testimoni seperti Yulia di atas.
Menguasai seni first impressions adalah menguasai jurus cinta (alias doyan!) pada pandangan pertama. Kalau gagal menggunakan kesempatan itu, jangan bermimpi bisa ada cinta. Karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya, cinta baru bisa tumbuh dalam interaksi alamiah SETELAH Anda berhasil membuatnya suka atau doyan pada Anda pada impresi pertama. Cinta sudah dijamin milik Anda jika memaksimalkan seluruh tips impresi pertama 7 detik itu.
Ini artinya seluruh tips praktis yang sudah Anda baca di e-book ini mungkin kurang efektif jika Anda praktekkan pada gebetan yang sudah kenal dengan Anda. Boleh saja dicoba pada calon gebetan yang sudah mengenal Anda, tapi saya sarankan Anda menghilang dulu dari ‘peredaran’ selama beberapa minggu (atau bahkan bulan!) agar mereka agak lupa dengan Anda.
Tapi kalau Anda mau lebih cepat dan nyaris instan sukses mendapatkan cinta seseorang dalam waktu dibawah 7 detik, praktekkan seluruh tips ini pada orang yang benar-benar baru. Pada kenalan-kenalan baru. Pada komunitas-komunitas baru. Dan jika Anda memiliki keterbatasan kepercayaan diri atau kemampuan bergaul, silakan ikuti pelatihan di http://HitmanSystem.com Sekali lagi, doyan adalah bibit cinta. Setelah itu, Anda tinggal menyiram bibit-bibit cinta itu dengan ketulusan, komitmen, dan kasih sayang agar tumbuh jadi cinta yang jauh lebih besar dan lebih memuaskan. Saya tidak akan jelaskan ketiga hal itu di sini, nanti saja kapan-kapan kalau Anda sudah sukses dan rajin menebar bibit-bibit cinta ke banyak orang. Selamat bercinta, sobat!.

0 komentar: